Kepala BPPOM DIY Rustyawati (kedua dari kiri) di Yogyakarta, Kamis, 21 November 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka
Kepala BPPOM DIY Rustyawati (kedua dari kiri) di Yogyakarta, Kamis, 21 November 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka

Pengawasan Pangan Menjelang Akhir Tahun di DIY Diperketat

Nasional kebutuhan pokok
Patricia Vicka • 21 November 2019 13:36
Yogyakarta: Balai Besar Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BBPOM) DIY meningkatkan pengawasan pangan menjelang moment libur Natal dan Tahun baru 2020. Kepala BPPOM DIY, Rustyawati, mengatakan pengawasan dilakukan di seluruh mata rantai pembuatan makanan mulai dari produsen, penjual bahan pangan dan distributor.
 
"Menjelang momen Nataru, kami fokus pengawasan pangan. Selanjutnya kosmetik," kata Rustyawati di Kantor BPPOM DIY, Kamis, 21 November 2019.
 
Rustyawati menjelaskan jika Pihaknya akan melakukan sidak ke beberapa tempat penjualan makanan seperti pasar tradisional, pasar modern, minimarket dan gudang penyimpan makanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan makanan yang beredar tidak kedaluwarsa dan mengandung zat-zat berbahaya. Pasalnya saat monet liburan Nataru terjadi lonjakan permintaan makanan.
 
"Nah bisa saja ada pengusaha atau perusahaan yang tidak hati-hati atau tidak bertanggung jawab pada kualitas makanannya. Maka kami awasi," jelas Rustyawati.
 
Sidak akan dilakukan diseluruh wilayah DIY setiap hari. Namun ia enggan menjelaskan anggal dan lokasi sidak.  Rustyawati mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan cermat memilih makanan. Masyarakat diminta selalu membaca tanggal kedarluwasa dan peka pada tanda-tanda makanan yang mengandung zat berbahaya atau mulai kedaluwarsa.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif