Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Ratusan Penderita Gangguan Jiwa di Jateng Dipasung

Nasional orang dengan gangguan jiwa (ODGJ)
Mustholih • 06 November 2019 19:37
Semarang: Ratusan orang dengan gangguan jiwa mengalami pemasungan di Provinsi Jawa Tengah. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mendapat 511 laporan kasus pasung terhadap orang dengan gangguan jiwa sepanjang Januari hingga September 2019.
 
"Dari jumlah itu, 115 orang berhasil kami bebaskan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Jawa Tengah Tatik Murhayati di Semarang, Rabu, 6 Februari 2019.
 
Meski jumlah pemasungan itu masih tergolong banyak, Tatik berujar dibanding tahun lalu, jenis kasus serupa terhadap orang dengan gangguan jiwa sebenarnya sudah relatif menurun. "Tahun sebelumnya 654 kasus," jelas Tatik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tatik menyatakan Pemerintah Provinsi berniat menggalakkan kembali program Jateng bebas pasung. Dengan menggandeng Dinas Sosial Jawa Tengah, kata Tatik, Dinas Kesehatan akan melakukan penanganan medis dan pelayanan rehabilitasi terhadap penderita sakit jiwa.
 
"Penanganan diawali dengan menemui penderita, lalu dijemput untuk dibawa ke Rumah Sakit Jiwa. Apabila sudah ditangani rumah sakit, mereka bisa saja direhabilitasi ke pesantren, panti rujukan. Jika sudah mandiri dikembalikan ke keluarga," ungkap Tatik.
 
Menurut Tatik pemasungan masih masih marak di Brebes, Kendal, Pati, Purwokerto dan Rembang. "Itu hasil laporan yang kita dapatkan dari tim penyisir yang bergerak ke setiap daerah," beber Tatik.
 
Tatik menambahkan memasung penderita sakit jiwa sebenarnya tindakan salah kaprah. Biasanya, si penderita justru dipasung oleh keluarganya dengan alasan demi tidak membahayakan lingkungan sekitar.
 
"Kita perlu menggencarkan penanganan preventif bagi orang dengan gangguan jiwa. Perlu dilakukan pemeriksaan ke Puskesmas. Kalau sudah tidak mampu baru ditangani RSJ," pungkas Tatik.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif