Ilustrasi warga menaiki skuter listrik atau otopet Grab Wheels melintas di jalan raya kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (13/11). MI/Adi Maulana Ibrahim.
Ilustrasi warga menaiki skuter listrik atau otopet Grab Wheels melintas di jalan raya kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (13/11). MI/Adi Maulana Ibrahim.

Alasan Pemkot Bandung Larang Skuter Elektrik

Nasional Otopet Listrik
Roni Kurniawan • 27 Desember 2019 13:59
Bandung: Pemerintah Kota Bandung kekeh melarang otopet listrik mengaspal di Jalan Raya Kota Bandung. Skuter elektrik tersebut tidak masuk dalam kategori moda transportasi menjadi alasan Pemkot melarang skuter itu berkeliaran di jalan raya.
 
"Apakah dia sama dengan sepeda? Apakah dia sama dengan motor? Apakah dia ssma dengan apa? Kalau kita sudah tahu klasifikasi dia apa, kita tahu oh berarti dia apa. Kalau sepeda dia di jalur sepeda. tapi kan kita tidak tahu," kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat, 27 Desember 2019.
 
Yana mengaku skuter elektrik tersebut tidak masuk dalam kategori moda transportasi. Pasalnya hingga kini belum ada dasar hukum untuk skuter elektrik berkeliaran di jalan raya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi, mengaku skuter elektrik tidak bisa menggunakan jalur sepeda yang saat ini ada. Pasalnya faktor kecelakaan cukup tinggi bagi pengguna skuter elektrik jika berkeliaran di jalan raya.
 
"Jalur sepeda tidak bisa digunakan untuk sekarang. Tapi nanti kita lihat dulu aturan dari pak wali seperti apa," cetus Ricky ditempat yang sama.
 
Ricky pun mengaku telah berkomunikasi dengan penyedia dan pengelola skuter elektrik. Bahkan ia memastikan saat ini skuter elektrik sudah tidak menggunakan jalan raya.
 
"Penyedia Grab sudah menyanggupi tidak akan beroperasi, menunggu perizinan dan akan kerja sama dulu dengan grup angkutan, dan bike sharing yang sudah kita kelola," pungkas Ricky.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif