Kebakaran gudang kapas PT Sritex Sukoharjo, Jateng. Foto: ANT/Mohammad Ayudha
Kebakaran gudang kapas PT Sritex Sukoharjo, Jateng. Foto: ANT/Mohammad Ayudha

Kebakaran di Gudang Kapas Sukoharjo Padam

Nasional kebakaran gudang
Medcom • 28 September 2019 18:45
Sukoharjo: Kebakaran di salah satu gudang kapas milik PT Sri Rejeki Isman (Sritex) Tbk, di Kelurahan Jetis, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, padam. Api menghanguskan gudang cadangan pada Jumat, 27 September 2019, pukul 21.30 WIB.
 
"Pemadam kebakaran mulai tiba dilokasi 15 menit setelah laporan pertama. Kami memprioritaskan menyelamatkan sumber daya manusia (SDM) yang berada di sekitar lokasi, " kata Corporate Communication PT Sritex Joy Citradewi, melalui keterangan pers, Sabtu, 28 September 2019.
 
Pihaknya juga mengantisipasi dengan bersiaga agar api tidak meluas ke area pabrik lainnya. Pasalnya angin bertiup cukup kencang saat kejadian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Upaya melokalisir akhirnya berhasil, terbantu oleh susunan pabrik yang terpisah dari gudang cadangan bahan baku sehingga api tersebut tidak mudah menjalar," jelasnya.
 
Joy mengatakan penyebab kebakaran belum diketahui. Pihaknya masih menunggu hasil forensik kepolisian.
 
"Diduga api diakibatkan dari cuaca kemarau panjang yang menimbulkan panas berlebihan didalam serat kapas katun (serat alami) yang mudah terbakar," bebernya.
 
Dia melanjutkan pihaknya masih memverifikasi jumlah kerugian akibat kebakaran. Tapi dia menyakini nilai kerugian tidak signifikan karena telah diasuransikan.
 
"Kami dapat mengklarifikasi bahwa proses produksi benang yang terletak di kompleks yang sama tidak terganggu sehingga tidak mempengaruhi proyeksi produksi perusahaan tahun ini," urainya.
 
Pihaknya berterimakasih kepada seluruh pihak yang membantu melokalisir. Dia mengaku bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif