Ilustrasi elpiji 3 kilogram - - Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq
Ilustrasi elpiji 3 kilogram - - Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq

Pasokan Elpiji 3 Kg di Ciayumajakuning Terganggu

Nasional elpiji 3 kg
Ahmad Rofahan • 14 Juli 2019 11:22
Cirebon: Pasokan elpiji untuk wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning), Jawa Barat, mengalami gangguan. Gangguan itu disebabkan alih fungsi penggunaan elpiji 3 kilogram di lapangan.
 
"Alih fungsi penggunaan elpiji ditemuka di daerah Terisi Indramayu," ujar Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina MOR III, Dewi Utami, Minggu, 14 Juli 2019.
 
Dewi menuturkan, elpiji 3 kilogram itu digunakan petani untuk keperluan pengairan sawah. Alih fungsi penggunaan tersebut, menyedot konsumsi elpiji yang seharusnya digunakan untuk rumah tangga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Distribusi elpiji sebenarnya normal, namun karena adanya alih fungsi ini, membuat sejumlah wilayah terganggu," jelasnya.
 
Dia mengatakan, temuan di lapangan elpiji 3 kilogram digunakan untuk mengoperasikan genset yang telah dimodifikasi menjadi pompa air. Genset tersebut berfungsi untuk mengairi sawah yang saat ini mengalami kekeringan.
 
Dewi mengungkap, satu mesin genset bisa menghabiskan sekitar lima tabung elpiji 3 kilogram. Padahal seharusnya, elpiji 3 kilogram diperuntukan bagi penggunaan rumah tangga dan usaha mikro.
 
"Oleh karena itu, kami mengimbau masyarakat, untuk menggunakan LPG 3kg, sesuai dengan peruntukannya," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif