Pegawai Disdukcapil Gunungkidul saat jemput bola dalam proses perekaman KTP El. Foto: Dok. Disdukcapil Gunungkidul.
Pegawai Disdukcapil Gunungkidul saat jemput bola dalam proses perekaman KTP El. Foto: Dok. Disdukcapil Gunungkidul.

Disdukcapil Gunungkidul Pilih Pengadaan Blangko KTP-el Oleh Pusat

Nasional e-ktp
Ahmad Mustaqim • 28 Oktober 2019 16:03
Gunungkidul: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta lebih memilih pencetakan blangko KTP elektronik dilakukan pemerintah pusat. Ada sejumlah pertimbangan yang mendasari itu.
 
Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Markus Tri Munarja, menjelaskan regulasi yang menaungi kerja lembaganya tidak memungkinkan melakukan pengadaaan blangko KTP-el. Ia memilih mematuhi aturan hukum yang berlaku.
 
"Sekaligus info bahwa blangko KTP el harus diaktifkan keamanan datanya oleh lembaga yang berwenang, dulu sandi negara, sekarang BSSN. Baru didistribusi ke daerah kabupaten/kota," kata Markus kepada Medcom.id Senin, 28 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aturan hukum yang membawahi cetak blangko KTP elektronik yakni Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2019 tentang pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.
 
"Selama regulasi mengatur demikian, kita harus taat hukum positif yang berlaku," ucapnya.
 
Ia memperkirakan proses rekam KTP-el di Gunungkidul sudah nyaris rampung. Menurut dia, sudah 99,25 persen warga Gunungkidul sudah merekam serta memegang KTP elektronik.
 
Sejumlah daya dan upaya dilakukan Disdukcapil Gunungkidul untuk bisa mencapai angka itu. Mulai dari mendatangi rumah warga hingga ke sekolah-sekolah.
 
Menurut dia, perubahan KTP dikakukan berdasarkan data elemen yang ada. Misalnya, karena perkawinan, kematian, perceraian, pindah-datang, hingga warga yang masuk usia 17 tahun.
 
"Jadi dinamis bukan angka statis. Prinsip pemerintah melayani agar masyarakat bahagia," ujarnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif