Puskesmas Siunggam bantah telat beri pertolongan ibu dan bayi yang meninggal. Foto: Dok/Metro TV
Puskesmas Siunggam bantah telat beri pertolongan ibu dan bayi yang meninggal. Foto: Dok/Metro TV

Pasien Ibu dan Bayi Meninggal Akibat Petugas Kosong, Begini Faktanya

Nasional puskesmas ibu hamil
MetroTV • 12 Mei 2022 09:59
Padang Lawas Utara: Pihak Puskesmas Siunggam menjelaskan bahwa ibu dan bayi meninggal dunia bukan karena terlambat mendapatkan pertolongan. Nyawa bayi tersebut tidak terselamatkan dalam proses persalinan. Sementara sang ibu meninggal dunia akibat kondisi kesehatan yang menurun.
 
"Kita ada. Tapi memang staff yang lain sudah pulang," kata Kepala Puskesmas Siunggam FIrly Oktariani dalam tayangan Metro Pagi Primetime di Metro TV, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Firly menjelaskan video yang viral di media sosial tersebut diambil saat jam 15.00 WIB saat petugas lain sudah pulang. Namun, tetap ada petugas di ruang persalinan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kejadian di video itu kan diambil jam 15.00 WIB. Kalau seperti staff di poli umum, poli gigi dan di ruangan yang lain sudah pulang. Tetapi staff di ruangan persalinan ada," ucapnya.
 
Pelayanan sebelumnya sudah diberikan, serta ada inisiatif dari bidan yang menolong sang ibu dan bayi untuk dirujuk ke rumah sakit Padang Sidempuan. Namun sebelum dirujuk sang pasien sempat mendapatkan perawatan.
 
"Ada inisiatif dari bidan untuk merujuk pasien pada saat plasenta lengket. Tetapi, masih ada upaya perawatan dan sudah dijahit lukanya. Pelayanan sudah kita berikan," ujar Firly.
 
Firly menyatakan, peristiwa yang sebenarnya terjadi tidak sesuai dengan narasi di video bahwa Puskesmas Siunggam tidak memberikan pelayanan.
 
"Pasien sudah kita layani sejak jam 08.43 WIB, mulai dari pasien menelepon bidan kita hingga kesini," tutup Firly. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif