Launching Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak hewan di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu, 25 Juni 2022. Dokumentasi/ istimewa
Launching Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak hewan di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu, 25 Juni 2022. Dokumentasi/ istimewa

12.500 Vaksin PMK Mendarat di Kota Batu

Daviq Umar Al Faruq • 25 Juni 2022 20:09
Batu: Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menerima vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sebanyak 12.500 dosis. Vaksin ini akan disuntikan untuk mencegah penularan PMK lebih luas pada hewan ternak di Kota Batu, Jawa Timur.
 
"Sejumlah 12.500 dosis vaksin PMK dibagikan. Untuk sapi perah memdapatkan 12.000 dan 500 dosis untuk sapi potong," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Heru Yulianto, Sabtu 25 Juni 2022.
 
Baca: Kabupaten Malang Dapat Jatah 57.500 Dosis Vaksin PMK

Heru menegaskan bahwa wabah PMK ini tidak menular kepada manusia. Tetapi manusia sebagai vektor dari virus PMK.
 
"PMK ini dapat dikendalikan dan PMK ini penyebarannya mirip seperti covid-19 Alhamdulillah Vaksin PMK datang lebih cepat," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Heru berharap dalam waktu dua pekan Minggu vaksin tersebut sudah terdistribusi kepada peternak. "Diharapkan pertengahan bulan Juli sudah digunakan," ungkapnya.
 
Suntik vaksin PMK dilaksanakan sebanyak tiga kali tahapan. Vaksin pertama diharapkan bisa selesai sampai 7 Juli 2022, dan vaksin kedua dilaksanakan satu bulan kemudian. Sedangkan vaksin ketiga atau Booster dilaksanakan 6 bulan kemudian.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif