Petugas kesehatan hewan melakukan pemeriksaan terhadap sapi warga yang diduga terserang wabah PMK di Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, Jumat, 27 Mei 2022. ANTARA/ HO
Petugas kesehatan hewan melakukan pemeriksaan terhadap sapi warga yang diduga terserang wabah PMK di Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, Jumat, 27 Mei 2022. ANTARA/ HO

1.157 Sapi dan Kerbau di Aceh Barat Sembuh dari PMK

Antara • 03 Juli 2022 23:32
Meulaboh: Sebanyak 1.157 ekor sapi dan kerbau milik masyarakat di Kabupaten Aceh Barat, Aceh, dinyatakan telah sembuh dari serangan penyakit mulut dan kuku (PMK).
 
“Ternak sapi dan kerbau ini sembuh setelah sebelumnya gencar kita berikan vitamin untuk penguatan imunitas tubuh,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat, Danil Adrial, di Meulaboh, Minggu, 3 Juli 2022.
 
Baca: Polisi Sekat Masuk Ternak Perbatasan Aceh-Sumut Antisipasi PMK

Dia mengatakan 1.157 hewan ternak itu terdiri atas 910 sapi dan 247 kerbau. Keseluruhan ternak yang sudah sembuh tersebut, kata dia, tersebar di sembilan kecamatan di Aceh Barat, di antaranya Panton Reue, Bubon, Sungai Mas, Woyla Timur, Woyla, Arongan Lambalek, Samatiga, Mereubo, serta Johan Pahlawan.
 
Sebelumnya Dinas Perkebunan dan Peternakan Aceh Barat mencatat 1.628 sapi dan kerbau di daerah ini dinyatakan terserang PMK, yang terdiri atas 1.093 sapi serta 535 kerbau.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kesembuhan ternak itu, setelah pihaknya gencar memberikan asupan vitamin kepada ternak yang sakit, setelah diturunkan petugas kesehatan hewan ke setiap desa yang terdampak PMK.
 
"Pemberian antibiotik terhadap ternak yang sakit juga menjadi salah satu faktor penyembuhan terbanyak yang dialami oleh ternak yang sebelumnya terjangkit PMK di Aceh Barat. Alhamdulillah, banyaknya sapi dan kerbau yang sembuh di Aceh Barat sangat kita syukuri," jelas Danil.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif