Kreasi batik motif naga vs omicron. Foto: Dok/Metro TV
Kreasi batik motif naga vs omicron. Foto: Dok/Metro TV

Kreasi Baru Motif Batik Naga Vs Omicron

MetroTV • 04 Maret 2022 22:38
Yogyakarta: Merebaknya kasus covid-19 varian Omicron memantik kreativitas perajin batik di Kulon Progo, Yogyakarta. Bayu Permadi salah satu perajin batik yang mengusung tema semangat bangkit dari pandemi dengan mengkreasikan batik bermotif naga vs omicron.
 
Menggunakan pewarna sintetis, proses pembuatan motif seluruhnya dilakukan secara manual. Motif omicron buatan Bayu diwujudkan seperti bola api dengan bulatan-bulatan kecil di sekelilingnya.
 
Tak hanya omicron, Bayu juga menuangkan perwujudan naga dalam motif tersebut. Naga digambarkan sedang mengitari bola-bola omicron. Hadirnya motif naga tak hanya untuk pemanis semata. Bayu menyebut perwujudan naga adalah individu yang sedang berperang melawan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jadi, naga sebagai simbol diri kita yang harus siap menghancurkan virus covid-19,” ujar perajin batik, Bayu Permadi dalam program Newsline di Metro Tv, Jumat, 4 Maret 2022.
 
Proses pembuatan batik ini tidak jauh berbeda dengan motif lain pada umumnya. Setelah sketsa awal, dilanjutkan dengan proses pewarnaan, kemudian dijemur hingga warna mengering. Terakhir, kain dicuci untuk menghilangkan bahan kimia yang terkandung dalam warna batik.
 
Tak hanya motif, penggunaan warna dasar batik naga vs omicron juga memiliki makna. Bayu mengatakan warna yang dipakai harus warna terang dan cerah. Ini menggambarkan semangat manusia untuk bangkit dari keterpurukan imbas pandemi covid-19.
 
Bayu sendiri juga merupakan perajin yang juga terdampak pandemi. Penjualan batik miliknya merosot drastis sejak pandemi pertama melanda hingga terpaksa merumahkan beberapa karyawannya.
 
Saat ini, perekonomiannya mulai membaik seiring dengan meredanya kasus covid-19. Kini, Bayu dapat menjual hingga 50 kain dengan harga kisaran Rp200 ribu. (Alifiah Nurul Rahmania)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif