Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. Medcom.id/Hendrik Simorangkir
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Polemik Aset Pemkot Tangerang vs Angkasa Pura II, Perbaikan Jalan di Batuceper Terbengkalai

Hendrik Simorangkir • 25 Maret 2022 15:29
Tangerang: Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah buka suara terkait Jalan Garuda dan Ir Juanda, Batuceper, yang rusak parah. Menurutnya, kedua jalan tersebut akan diperbaiki setelah menunggu hasil kajian dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang.
 
"Kemarin sudah disurvei pihak Dinas PU bersama Kejari. Informasinya masih tunggu hasil kajian kejaksaan," ujarnya, Jumat, 25 Maret 2022.
 
Arief menuturkan, pihak Angkasa Pura (AP) pun seharusnya membantu perbaikan jalan tersebut, lantaran sebagian akses tersebut milik AP II. Namun, lanjutnya, pihak AP II menyerahkan persoalan tersebut ke Kejaksaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini belum ada titik temu dengan AP II. Kita masih tunggu kabar. Dulu sudah sempat mau dijembatani KPK, terus katanya dia (AP II) ke Kejaksaan saja, ya sudah kita ikutin ke kejaksaan. Hingga kini masih tunggu tindak lanjutnya," jelasnya.
 
Menurut Arief, pihak AP II tidak peduli dengan masyarakat Kota Tangerang untuk bekerjasama dalam perbaikan jalan tersebut. Pasalnya, jalan tersebut sebagian aksesnya merupakan milik AP II.
 
"Kenapa AP II enggak peduli banget sama rakyat Kota Tangerang. Dia (AP II) cari uangnya di Kota Tangerang, tapi enggak mau banget sih benerin buat rakyat Kota Tangerang. Kenapa masih itung-itungan banget sama rakyat Kota Tangerang," katanya.
 
Baca: Jalan Rusak Sejak 2020, Warga Batuceper Tangerang Protes
 
Arief menambahkan, saat ini dirinya telah memerintahkan Dinas Bina Marga untuk menyiapkan anggaran terkait perbaikan kedua jalan tersebut. Pihaknya berinisiatif untuk melakukan perbaikan tersebut sendiri.
 
"Iya, ngapain lama-lama kita kerjain saja, kasian masyarakat juga. Orang AP II saja enggak peduli," ucap dia.
 
Sebelumnya, Kepala Bidang Bina Marga untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang, Muhammad Ikhsan mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum dapat memperbaiki Jalan Ir Juanda dan Garuda, yang rusak parah. Hal itu disebabkan karena jalan tersebut merupakan aset dari AP II.
 
"Saat ini AP II tengah mengajukan legal opinion atau pendapat hukum ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten. Sebagai payung hukum kita ya legal opinion itu. Hari ini pun tadi Wali Kota Tangerang (Arief R Wismansyah) sudah kembali bersurat untuk tanyakan kembali ini bagaimana kelanjutannya kota Tangerang untuk lakukan penanganan Jalan Juanda dan Garuda," kata Iksan.
 
Iksan menjelaskan, payung hukum tersebut sebagai penentu Pemkot Tangerang untuk memperbaiki jalan tersebut. Legal opinion ini sebagai langkah dari AP II agar tak menabrak aturan hukum yang berlaku.
 
"Jadi dari AP memohon pendapat hukum terkait status lahan ini, apakah bisa digunakan Pemkot Tangerang, kalau bisa prosedurnya apa, dan apa saja tahapan hukum yang harus dilalui agat tidak terbentur dengan aturan hukum," jelasnya.
 
Iksan menambahkan, terkait Jalan Garuda sebagian memang aset Pemkot Tangerang namun sebagian lainnya milik AP II. Sebagian Jalan Garuda pun telah diperbaiki, dan sisanya belum karena terkendala status aset tersebut.
 
"Kendati untuk Jalan Ir Juanda memang belum diperbaiki sama sekali. Memang ada pernyataan terkait kalau kita tidak bisa melaksanakan kegiatan yang ada di atas status aset yang bukan milik Pemkot," ungkapnya.
 
Iksan menuturkan, kalau saat ini Dinas PUPR Kota Tangerang pun telah menganggarkan untuk perbaikan Jalan Ir Juanda sekitar Rp16 Miliar.
 
"Hal itu pun sudah masuk tahap perencanaan lelang. Eksekusi perbaikan jalan itu akan dilakukan pasca legal opinion itu selesai," ucap dia.
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif