Ilustrasi--Pesawat ATR 72-600 milik maskapai Citilink saat mendarat di Bandara Jenderal Besar Soedirman setelah menjalani penerbangan komersial perdana dari Surabaya, Kamis (3-6-2021). ANTARA/Sumarwoto
Ilustrasi--Pesawat ATR 72-600 milik maskapai Citilink saat mendarat di Bandara Jenderal Besar Soedirman setelah menjalani penerbangan komersial perdana dari Surabaya, Kamis (3-6-2021). ANTARA/Sumarwoto

Vakum Lima Tahun, Bandara Bone Beroperasi Lagi Bulan Depan

Muhammad Syawaluddin • 28 November 2022 22:02
Makassar: Bandar Udara Arung Palakka di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, akan kembali beroperasi setelah vakum selama lima tahun. Bandara tersebut akan kembali beroperasi pada awal Desember 2022.
 
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan, bandara yang terletak di Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, itu kembali beroperasi setelah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan subsidi.
 
"Ini arahan presiden. Jadi itu kita tindak lanjuti dengan subsidi," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 28 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Andi Sudirman menjelaskan, Pemerintah Sulawesi Selatan memberikan subsidi sebesar Rp2,5 miliar agar Bandara Arung Palakka bisa kembali beroperasi. Rencananya ada tiga penerbangan di bandara tersebut.
 
Subsidi ini, kata dia, bukan pertama kalinya. Sebelumnya pemerintah setempat sudah memberikan subsidi untuk penerbangan Toraja-Balikpapan, guna menggeliatkan lagi ekonomi masyarakat. 
 
Baca juga: Sulsel Subsidi Penerbangan Toraja-Balikpapan demi Dongkrak Kunjungan Wisata

“Karena dengan adanya bandara, mobilitas barang dan jasa lebih cepat dan murah,” jelas dia.
 
Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan, Muhammad Arafah, menambahkan rencana penerbangan perdana mulai dilakukan 1 Desember 2022, dengan tiga rute awal dan harga yang bervariasi.
 
Rute tersebut mulai dari Makassar-Bone dan Bone-Makassar 5 kali seminggu dengan harga tiket Rp300.000, Bone-Kendari dan sebaliknya 2 kali seminggu dengan harga tiket Rp550.000, dan Bone-Balikpapan 2 kali seminggu dengan harga tiket Rp1.100.000.
 
"Ada tiga rute yang akan dilayani Susi Air (di Bandara Arung Palakka)," beber dia.
 
Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Gubernur Sulsel karena bandara yang vakum pada bulan depan bisa kembali beroperasi. Menurutnya, dengan adanya penerbangan ini akan membuka rute baru dan akan mengurangi kemacetan.
 
“Bandara Arung Palaka Kabupaten Bone tidak beroperasi sejak 2017. Alhamdulillah dengan dukungan Pemprov Sulsel, kita mendapatkan subsidi dalam rangka mengaktifkannya kembali,” ungkapnya.

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif