ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Kebijakan Pelat Putih Mulai Diterapkan di Kota Malang

Daviq Umar Al Faruq • 26 Juli 2022 13:34
Malang: Kebijakan pemasangan pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) dengan warna dasar putih dan tulisan hitam telah diterapkan di Kota Malang, Jawa Timur. Kebijakan pelat nomor putih ini sudah mulai diterapkan sejak 18 Juli 2022 lalu. 
 
"Kami sudah menerapkan. Jadi nanti dari pelat nomor hitam, pada saat pembelian kendaraan baru atau (saat pembayaran) pajak lima tahunan, kami ganti menjadi pelat nomor yang putih, sudah siap semuanya," kata Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Yoppy Anggi Khrisna, Selasa 26 Juni 2022.
 
Perubahan warna pelat nomor kendaraan bermotor ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan efektivitas tilang elektronik yang berbasis kamera atau e-TLE. Sebab, pelat warna dasar hitam berpotensi salah mengidentifikasi atau sulit terbaca oleh kamera e-TLE yang menjadi pengawas di jalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tujuannya itu sebenarnya untuk memudahkan mendeteksi, (perekaman) kamera e-TLE. Selain itu, pelat putih kan juga lebih mudah dilihat oleh mata. Namun, keutamaannya untuk identifikasi, agar lebih mudah kameranya," imbuhnya. 
 
Baca: Korlantas: Pelat Putih Serentak Setelah Stok Pelat Hitam Habis
 
Yoppy mengaku sudah ada ratusan kendaraan bermotor di Kota Malang telah mengganti warna pelat nomornya, dari warna dasar hitam menjadi warna dasar putih. Ratusan kendaraan tersebut terdiri dari mobil dan sepeda motor.
 
Meski begitu, selama masa peralihan, penggunaan pelat nomor hitam masih diperbolehkan. Polisi juga belum melakukan penindakan terhadap kendaraan berpelat nomor hitam.
 
"Untuk kendaraan yang belum pelat putih atau masih pelat hitam masih boleh digunakan. Kami tidak akan menindak bagi kendaraan yang memang belum waktunya ganti pelat putih. Sesuai periodenya lima tahun, baru kami ganti yang putih," tegas dia.
 
Sebagai informasi, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menargetkan lima tahun mendatang semua kendaraan di Indonesia akan menggunakan pelat nomor putih dengan angka berwarna hitam. Perubahan pelat dilakukan bertahap.
 
"Berubahnya nanti pada tahun 2027 sudah lengkap, semuanya sudah putih. Karena kan sudah lima tahun," kata Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol. Yusri Yunus dalam keterangan resmi situs NTMC Polri dikutip Senin, 23 Mei 2022.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif