Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Warga Diimbau Cek Izin Sebelum Beli Apartemen

Antara • 17 Juli 2022 09:03
Surabaya: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengimbau warga Kota Pahlawan, Jawa Timur, yang hendak membeli apartemen untuk terlebih dahulu melihat kelengkapan perizinannya.
 
"Kalau lengkap perizinannya baru dibeli, kalau pengembang hanya mengurus IMB (izin mendirikan bangunan) saja dan surat-surat perizinan lainnya belum selesai, jangan dibeli dulu," kata Eri Cahyadi di Surabaya, Ahad, 17 Juli 2022.
 
Hal itu disampaikan Wali Kota Eri setelah mendapat aduan warga pada saat pertemuan rutin dengan warga yang digelar di Balai Kota Surabaya pada Sabtu, 16 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warga tersebut mengadukan tentang persoalan apartemen yang tidak kunjung diserahkan kepada dirinya. Padahal, warga tersebut sudah lunas membayar tagihan atau akta jual beli (AJB).
 
Sedangkan pihak pengembang apartemen tersebut ternyata hanya mengurus IMB-nya saja dan belum melengkapi perizinan yang lainnya, tapi sudah menjual apartemen dan sudah banyak yang menempati apartemen tersebut.
 
Baca juga: Nomor Ponsel Pejabat Surabaya Diminta Dipasang di Balai RW

"Kami juga ingatkan pengembang, kalau belum lengkap surat-suratnya jangan dijual dan jangan minta dilunasi dulu, biar tidak terulang permasalahan ini," kata Eri.
 
Eri mengatakan, dalam regulasi memang disebutkan bahwa pemerintah memiliki kewenangan untuk membina dan sebagainya.
 
"Mau membina bagaimana, pengembang itu hanya mengurus IMB-nya saja dan ternyata itu sudah ditempati dan sudah dilunasi. Makanya saya bilang, ayo, warga Surabaya kalau mau beli apartemen atau perumahan dilihat dulu surat-suratnya, kalau lengkap perizinannya baru beli," ujar dia.
 
Meskipun demikian, lanjut dia, Pemkot Surabaya akan menjembatani persoalan warga tersebut.
 
"Jadi, nanti akan dibuat pertemuan antara pengembang dan pembeli atau warga itu, dan pemkot sebagai penengah. Nanti akan dicarikan jalan keluarnya. Inilah yang akan saya lakukan untuk menjembatani mereka, tapi saya juga berharap persoalan ini tidak terulang kembali," kata dia.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif