Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di aliran sungai Bengawan Solo di Kracakan, Ngloram, Blora, Kamis, 12 Desember 2019. Dokumentasi/ istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di aliran sungai Bengawan Solo di Kracakan, Ngloram, Blora, Kamis, 12 Desember 2019. Dokumentasi/ istimewa

Ganjar Sebut Pencemaran Sungai Bengawan Solo Berkurang

Nasional pencemaran sungai
Mustholih • 12 Desember 2019 17:33
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengklaim tingkat pencemaran air di Sungai Bengawan Solo mulai berkurang. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan air Bengawan Solo yang sempat keruh akibat pencemaran sudah terlihat jernih.
 
"Hari ini lumayan lebih baik. Mudah-mudahan ada efek dari pertemuan ketika semua berkumpul di Provinsi," kata Ganjar di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 12 Desember 2019.
 
Ganjar menjelaskan pengurangan tingkat pencemaran ini bisa dilihat setelah dirinya singgah di aliran sungai Bengawan Solo di Kracakan, Ngloram, Blora. Di aliran sungai ini Ganjar menyempatkan diri turun ke tengah Bengawan Solo guna mendekati arus air yang sempat viral karena berwarna hitam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski kondisi sudah membaik, Ganjar menyarankan warga tidak langsung mengonsumsi air Bengawan Solo tanpa diproses oleh PDAM.
 
"Kondisinya relatif lebih baik, ikan-ikan sudah keluar. Cuma ketika dikonsumsi perlu proses di PDAM dan hasilnya belum terlalu bagus," jelas Ganjar.
 
Seorang warga setempat, Haryanto, 35, mengakui pencemaran Bengawan Solo sudah mulai berkurang sejak sepuluh hari belakangan. "Ikannya sudah melompat-lompat. Makanya saya dan teman-teman mancing," ujar Haryanto.
 
Haryanto menuturkan kualitas air Bengawan Solo pada sebulan lalu begitu buruk. Ia berharap pencemaran parah tidak terulang di tahun-tahun mendatang. "Bulan lalu hitam Pak, seperti kopi. Baunya saja seperti bangkai. Kalau Pak Gubernur kan bisa mengatasi," ungkap Haryanto.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif