ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemkot Depok Dibikin Pening Soal Blangko KTP-el

Nasional e-ktp
Octavianus Dwi Sutrisno • 28 Oktober 2019 23:18
Depok: Kekosongan blangko KTP-elektronik di Kota Depok, Jawa Barat bikin pemerintah Kota Depok pening. Blangko KTP-el saat ini masih menjadi kendala tersendiri terutama bagi masyarakat. Mereka mempertanyakan kapan kartu identitas tersebut bisa dicetak.
 
Sekretaris Daerah Kota Depok Hardiono mengatakan kekosongan blangko KTP-el telah berlangsung cukup lama. Sementara masyarakat, terus meminta kejelasan karena telah melakukan perekaman namun fisik KTP-el tak kunjung muncul.
 
"Kami di sini selaku ASN, bertugas melayani birokrasi dengan baik jangan lantas digantung begini. Bisa dibayangkan, setiap Minggu saya selalu mendengar ada saja masyarakat yang bolak balik menanyakan kapan KTP-nya jadi, pening juga," kata Hardiono, saat dihubungi Medcom.id, Senin, 28 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Hardiono blangko KTP-el sudah enam bulan lamanya tak dikirim dari pusat. Sementara KTP-el tersebut harus segera dipenuhi.
 
Untuk itu, Hardiono memberikan solusi terkait kelangkaan kartu identitas tersebut yaitu dengan memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk pengadaan blangko KTP-el. Namun, titik pengendalian dan rekomendasi tetap dari pusat (Kemendagri).
 
"Jadi, jangan semuanya diserahkan melulu ke pusat. Bahaya, kalau di monopoli seperti itu akhirnya seperti sekarang. Semuanya jadi macet, masyarakat yang membutuhkan KTP itu ada banyak apalagi kalau menggunakan sistem singgle Identitiy," bebernya.
 
Selain itu, Hardiono mendorong pemerintah pusat segera mengambil tindakan apakah pengadaan KTP-el itu akan dilakukan dengan sistem lelang, atau solusi lainnya.
 
"Pusat kalau bisa segeralah ambil tindakan, kalau memang mau lelang ya segera lelang. Lalu,segera distribusikan ke daerah atau mungkin dengan mengalokasikan ke daerah," tuturnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif