Seorang petani memanen sisa padi yang tidak terkena puso di desa Sindang, Kecamatan, Sindang, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (20/8). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara.
Seorang petani memanen sisa padi yang tidak terkena puso di desa Sindang, Kecamatan, Sindang, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (20/8). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara.

Wilayah Cirebon Berpotensi Kekeringan Ekstrem

Nasional musim kemarau
Antara • 12 Juli 2019 17:55
Cirebon: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, memprakirakan Wilayah Cirebon terancam kekeringan ekstrem. Bencana tersebut diprediksi lantaran tidak adanya hujan di wilayah Cirebon selama aekitar 60 hari.
 
"Yang berpotensi kekeringan ekstrim terjadi di Kabupaten Cirebon, Indramayu dan Majalengka," kata Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi Ahmad Faa Iziyn di Majalengka, Jumat, 12 Juli 2019.
 
Faiz mengatakan di untuk di Kabupaten Indramayu ada beberapa kecamatan yang masuk kekeringan ekstrem seperti Gantar, Indramayu, Jatibarang, Cikedung, Cipancuh dan Temiyang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara untuk kecamatan yang berada di Kabupaten Cirebon yaitu Susukan, Weru, Mundu, Lemah Abang, Pabuaran, Sumber, Talun, Ciwaringin, Klangenan, Greged, Astanajapura, Plumbon, Palimanan, dan Karang Sembung.
 
"Sedangkan di Kabupaten Majalengka kecamatan yang berpotensi kekeringan ekstrem seperti Ligung, Banjaran, Cikijing, Jatiwangi, Talaga, Cigasong, Bantarujeg, Maja, Leuwimunding, Kertajati, Argapura, Rajagaluh Lor dan Jatitujuh," jelas Ahmad.
 
Untuk itu BMKG mengimbau, agar warga dan pemerintah terkait bisa meminimalkan adanya kekurangan pasokan air bersih selama tidak adanya hujan di daerah itu.
 
"Harus ada persiapan dari warga dan pemerintah untuk menyediakan air bersih selama musim kemarau ini," pungkas Ahmad.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif