Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Intan Jaya yang terluka dievakuasi, Sabtu 10 Oktober 2020 ke Jakarta.  (Istimewa)
Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Intan Jaya yang terluka dievakuasi, Sabtu 10 Oktober 2020 ke Jakarta. (Istimewa)

Korban Penembakan di Intan Jaya Dievakuasi ke Jakarta

Nasional kelompok sipil bersenjata kelompok bersenjata di papua
Antara • 10 Oktober 2020 10:43
Jakarta: Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Intan Jaya yang terluka tembak di Intan Jaya, Papua, dievakuasi, Sabtu, 10 Oktober 2020. Korban dibawa menggunakan helikopter dan pesawat menuju Jakarta.
 
"Pagi ini anggota TGPF dan anggota TNI yang terluka dalam penyerangan kemarin sore telah kami evakuasi ke Jakarta untuk perawatan pengobatan lebih lanjut," kata Wakil Ketua TGPF Sugeng Purnomo, melansir Antara, Sabtu, 10 Oktober 2020.
 
Sugeng menjelaskan, korban yang terluka dievakuasi dengan Helikopter Caracal TNI AU dari Sugapa, Intan Jaya pukul 07.00 WIT ke Timika. Kemudian, dilanjutkan dengan proses pemindahan ke pesawat Boeing TNI AU di bandara Timika.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pukul 08.22 WIT, korban dievakuasi menuju Jakarta dengan rute Timika-Hasanuddin-Jakarta dengan pesawat TNI AU," terangnya.
 
Baca:Intan Jaya Kondusif, Penembak Tim Pencari Fakta Diburu
 
Korban yang dievakuasi adalah anggota TGPF, Bambang Purwoko, yang merupakan dosen dan peneliti dari Universitas Gadjah Mada. Bambang berpengalaman meneliti di Papua dan pernah menjadi ketua Pokja Papua UGM.
 
Korban kedua yang dievakuasi adalah Sersan Satu TNI Faisal Akbar, Anggota Satgas Apter Hitadipa dari satuan asal Kodim 1304 Gorontalo. Bambang mengalami luka tembak pada bagian kaki, sedangkan Sersan Satu Faisal tertembak dibagian pinggang.
 
"Tim sedang mengevaluasi seluruh kegiatan yang berjalan, dan terutama mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan. Tentunya tanpa mengurangi misi memperoleh informasi yang terang tentang kasus ini," ucap Sugeng.
 
Penembakan terhadap anggota TGPF itu terjadi Jumat, 9 Oktober 2020, pukul 15.45 WIT, di tanjakan Wabogopone, Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua. Peristiwa itu terjadi setelah iring-iringan mobil rombongan TGPF Intan Jaya menyelesaikan olah TKP di Hitadifa.
 
Baca:Anggota Tim Pencari Fakta Intan Jaya Diberondong Tembakan KKB
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif