Ketua Prodi MAP Unisri Solo Suwardi (kanan) menyampaikan hasil survei kinerja Gibran-Teguh. Medcom.id/ Triawati
Ketua Prodi MAP Unisri Solo Suwardi (kanan) menyampaikan hasil survei kinerja Gibran-Teguh. Medcom.id/ Triawati

Survei: Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Gibran-Teguh 96%

Triawati Prihatsari • 15 Februari 2023 11:00
Solo: Tingkat kepuasan masyarakat Solo terhadap kinerja Wali Kota-Wakil Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa, mencapai 96 persen.
 
Hal itu diperoleh dari hasil survei indeks kepuasan masyarakat (IKM) tahun kedua Pemerintahan Gibran-Teguh yang dilakukan Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo.
 
"Masa kepemerintahan Gibran-Teguh memenuhi dua tahun masa kerjanya per tanggal 26 Februari 2023. Maka kami melakukan penelitian didorong misi Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujar Ketua Prodi MAP Unisri Solo Suwardi, di Solo, Rabu, 15 Februari 2023.

Menurutnya, penelitian atau survei IKM dilakukan melalui beberapa tahapan. Mulai dari elaborasi kajian teoritik menyangkut konsep dan variable, penentuan metode penelitian yang tepat, proses pengumpulan data lapangan, dan keempat tabulasi data. Kemudian, pemaknaan data, analisis hasil penelitian, dan penyusunan laporan hasil penelitian untuk memenuhi dua target luaran sebagaimana dimaksud.
 
Baca: Gibran Rahasiakan Strategi Politik Menuju Pemilu 2024

Metode pengumpulan data lapangan yang digunakan untuk survei menggunakan teknik wawancara face to face dengan instrument data tertutup (kuisioner) yang melibatkan 560 responden. Wawancara dilakukan salam rentang waktu 1-10 Februari 2023.
 
"Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat dua tahun kepemimpinan Gibran-Teguh mencapai 96 persen. Jumlah score 1.709 dengan angka rata-rata IKM 3,057 kategori memuaskan. Artinya 96 persen masyarakat Solo menyatakan puas terhadap pemerintahan Gibran. Capaian IKM tahun kedua lebih baik dibanding tahun sebelumnya," bebernya. 
 
Sementara itu, ada beberapa aspek apresiasi capaian kinerja positif pemerintahan Gibran-Teguh, di antaranya kualitas pelayanan aparatur pemkot di kantor lurah, camat dan balai kota; pengelolaan isu keamanan; pengaturan lalu lintas; pengaturan pedagang kaki lima.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(NUR)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan