Seorang dokter hewan menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada hewan ternak sapi perah di Cilembu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (20/6/2022). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa)
Seorang dokter hewan menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada hewan ternak sapi perah di Cilembu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (20/6/2022). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa)

Kuningan Sasar 20 Ribu Sapi Divaksinasi PMK

Antara • 01 Juli 2022 22:54
Cirebon: Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menyasar vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) khusus sapi ternak potong mencapai 15 ribu lebih, sedangkan sapi perah berkisar 5.000 ekor.
 
"Sasaran vaksinasi PMK khusus sapi itu 20 ribu lebih," kata Veteriner Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan Rofiq saat dihubungi melalui telepon di Kuningan, Jumat, 1 Juli 2022.
 
Rofiq mengatakan jumlah tersebut terdiri dari sapi potong, dan sapi perah yang tersebar di Kabupaten Kuningan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, populasi sapi di Kabupaten Kuningan, lebih dari 30 ribu ekor terdiri sapi ternak potong maupun sapi perah, dan yang menjadi sasaran vaksinasi PMK sejumlah 20 ribu ekor.
 
Baca juga: 3.100 Ternak Tervaksinasi, Sleman Fokus Pemenuhan Hewan Kurban
 
Saat ini, kata Rofiq, Pemkab Kuningan baru mendapatkan kiriman vaksin PMK sebanyak 7.200 dosis, dan sudah mulai dilakukan penyuntikan di beberapa lokasi.
 
"Untuk sasaran sapi perah berjumlah 5.000 ekor lebih, sedangkan sapi ternak potong 15 ribu," ujarnya.
 
Rofiq mengatakan, pihaknya belum menyasar hewan ternak selain sapi, karena data saat ini yang paling rentan terjangkit PMK adalah sapi.
 
Sementara untuk domba atau kambing, kata Rofiq, belum ada laporan dari masyarakat, dan secara kasat mata pun ketika dilakukan pengamatan di beberapa pasar masih sangat aman.
 
"Untuk domba di Kabupaten Kuningan lebih dari 120 ribu ekor, tapi hingga saat ini belum ada laporan yang terjangkit PMK," jelasnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif