Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Foto: Medcom.id/Amaluddin
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Foto: Medcom.id/Amaluddin

Sosok Tjahjo Kumolo di Mata Khofifah

Amaluddin • 01 Juli 2022 14:15
Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, pada Jumat, 1 Juli 2022. Khofifah menilai almarhum merupakan sosok demokrat sejati.
 
"Jadi beliau tidak sekadar sebagai sosok demokrat sejati. Saya kira beliau juga memberikan kesetaraan perlakuan bagi semua masyarakat," kata Khofifah, di Surabaya.
 
Khofifah mengaku telah mengenal Tjahjo sejak lama, sejak dia menjadi pengurus KNPI. Pertemanan itu, kata Khofifah, berlanjut saat dirinya sama-sama menjadi anggota DPR, dan selanjutnya dipercaya masuk jajaran kabinet kerja Presiden Joko Widodo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat itu beliau Menteri Dalam Negeri dan saya Menteri Sosial. Kemudian beliau bersambung dengan posisi sebagai MenPAN RB," katanya.
 
Baca: JK: Tjahjo Kumolo Telah Mengabdi dengan Baik
 
Khofifah menyatakan, Tjahjo Kumolo merupakan sosok yang egalitarianisme atau memandang seluruh warga masyarakat itu sama derajatnya. Maka dari itu, saat Tjahjo Kumolo masih menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri), kerap menekankan pentingnya mendata masyarakat yang masuk kategori unregister people, agar bisa mengakses program perlindungan sosial.
 
Tjahjo Kumolo, lanjut Khofifah, juga memiliki konsentrasi yang sangat kuat pada perlakukan kesetaraan warga bangsa. Khofifah meyakini, kebaikkan-kebaikkan yang dilakukan semasa hidupnya, menjadikan yang bersangkutan meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.
 
"Dipanggil Jumat pagi dan itu Insyaallah menjadi penanda kebaikan beliau, yang sudah ditanam semasa beliau bertugas di sangat banyak lini," katanya.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif