Ilustrasi penjual daging di pasar daging Peunayong, Banda Aceh, Aceh. Foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati
Ilustrasi penjual daging di pasar daging Peunayong, Banda Aceh, Aceh. Foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati

Sepi Konsumen, Harga Daging Sapi di Kabupaten Subang Turun

Nasional Bahan Pokok Daging Sapi Pasar Tradisional Lebaran 2022
Media Indonesia • 21 April 2022 13:20
Subang: Dua pekan menjelang Lebaran 2022, harga daging sapi dan daging ayam potong di sejumlah pasar di Kabupaten Subang, Jawa Barat mengami penurunan. Penurunan harga terjadi lebih disebabkan adanya penurunan daya beli masyarakat.
 
Sehingga para penjual menurunkan harga daging agar tidak semakin merugi. Turunnya harga daging sapi di sejumlah pasar di Kabupaten Subang Jawa Barat salah satunya di pasar Sagalaherang terjadi dua pekan menjelang Hari Raya Idulfitri.
 
Di pasar ini harga daging sapi dijual seharga Rp130 ribu per kilogram, padahal saat awal  Ramadan mencapai Rp 150 ribu per kilogram. Penurunan harga daging sapi disebabkan menurunnya daya beli masyarakat. Ketimbang tidak laku, para pedagang terpaksa menurunkan harga meski mengaku para pedagang mengalami kerugian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Stok Daging Ternak di Aceh Barat Dijamin Cukup Hingga Lebaran
 
"Penjualan menurun akibat daya beli masyarakat yang menurun, ketimbang rugi lebih banyak karena daging tidak laku terpaksa menurunkan harga," Kata Wawan salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Sagalaherang, Kamis, 21 April 2022.
 
Selain daging sapi, ayam potong juga mengalami hal serupa. Untuk daging ayam potong turun Rp40 ribu per kilogram, dari semula dijual Rp 42 ribu per kilogram saat ini Rp38 ribu per kilogram. 
 
Sementara, sejumlah kebutuhan pokok selain daging sapi dan ayam potong di Kabupaten Subang masih terpantau normal. Diprediksi, harga kebutuhan lain seperti sayuran, telur, bumbu dapur akan mengalami kenaikan satu pekan menjelang lebaran. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif