ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Puncak Arus Mudik di Bandara Soetta Diprediksi 28 April 2022

Nasional Mudik Lebaran Bandara Soekarno-Hatta bandara soetta Lebaran 2022
Hendrik Simorangkir • 19 April 2022 17:20
Tangerang: Puncak arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, diprediksi terjadi pada 28-30 April 2022. Hingga saat ini, pergerakan pemudik masih landai.
 
"Kalau sekarang penumpang domestik dan internasional masih rata-rata 80 ribuan per hari," ujar Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Holik Muardi, Selasa, 19 April 2022.
 
Menurut Holik, adanya pelonggaran dari pemerintah yang memperbolehkan mudik meningkatkan jumlah penumpang. Peningkatan diprediksi hingga dua kali lipat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Prediksinya lonjakan bisa sampai 120-140 ribu penumpang di antara tiga hari itu," ucap dia.
 
Jumlah penumpang pesawat akan melonjak lantaran tes covid-19 sebagai syarat penerbangan sudah tidak diterapkan lagi bila sudah vaksinasi booster. Bila pemudik baru dua kali vaksin, maka wajib menunjukkan hasil negatif PCR atau antigen minimal 2x24jam.
 
Baca: Puncak Arus Mudik di Yogyakarta Diprediksi 28-30 April
 
"Dan kalau belum vaksin sama sekali atau baru 1 kali harus ada surat keterangan apakah dia ada kendala medis atau tidak. Kalau sudah booster tidak wajib menunjukan hasil negatif baik itu PCR atau antigen. Artinya menjadi lebih mempermudah penumpang untuk menjalani perjalanan udara. Itu prediksi kami lonjakan di mudik Lebaran 2022," jelasnya.
 
Menghadapi arus mudik lebaran,  Bandara Soekarno-Hatta telah mempersiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung kelancaran hingga kenyaman penumpang. Pihaknya juga telah mengoperasikan Terminal 1 guna mengurangi kepadatan di Terminal 2.
 
"Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Terminal 1 telah dioperasikan dan sekarang beberapa airline sudah kembali operasi di sana. Artinya ini untuk memberikan kenyamanan dan mengurangi kepadatan di Terminal 2," kata dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif