Pergerakan tanah di Desa Sukajadi, Cianjur, Jawa Barat. (Foto: BPBD Cianjur)
Pergerakan tanah di Desa Sukajadi, Cianjur, Jawa Barat. (Foto: BPBD Cianjur)

19 Desa di Jawa Barat Risiko Tinggi Bencana Alam

Nasional banjir longsor bencana tanah longsor bencana alam Bencana Banjir angin kencang pergerakan tanah Jawa Barat
Media Indonesia.com • 23 November 2021 16:20
Bandung: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan saat ini sebanyak 19 desa se-Jabar masuk dalam daerah risiko tinggi bencana alam.
 
"Karena 19 desa tersebut masuk dalam kategori daerah risiko tinggi bencana sehingga di sana disiapkan program desa tangguh bencana," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Barat Dani Ramdan, Selasa, 23 November 2021.
 
Dia mengatakan ke-19 desa yang masuk risiko tinggi bencana tersebut mayoritas berada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Garut.
  
"Jadi itu rawannya berupa bencana longsor, kebanyakan longsor," kata dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia dengan adanya Program Desa Tangguh Bencana, daerah tersebut wajib mengalokasikan anggaran hingga memberikan pengetahuan terkait kesiapsiagaan bencana.
 
Baca juga:  Aceh Siap Gelar Tour De Sabang 2021, Pendaftaran Gratis
 
"Kita bentuk desa tangguh di sana. Itu terdiri dari Babinsa, Babinkamtibmas, kemudian disiapkan pengetahuannya, peralatannya dibentuk. Selain ada satgas, kepala desa dibantu Babinkamtibmas, Linmas. Kita juga anggaran desanya ada untuk alokasi anggaran bencana," terangnya.
 
Lebih lanjut ia mengatakan berdasarkan prakiraan cuaca puncak potensi bencana bakal terjadi pada Januari sampai Februari 2022. Untuk menghadapi pontensi bencana tersebut, BPBD bersama sejumlah instansi lain menyiagakan pasukan sepanjang Oktober 2021 sampai April 2022.
 
"Kami dari BPBD siap siaga dan mengaktifkan posko 1x24 jam. Jadi selama tujuh hari dalam seminggu diseluruh Kabupaten Kota di Jawa Barat," jelas dia.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif