Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Gugas Covid-19 Purworejo Akan Pulangkan Pasien Positif Korona

Nasional Virus Korona
Bagus Aryo Wicaksono • 22 Mei 2020 22:17
Purworejo: Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Purworejo, Jawa Tengah, berencana memulangkan pasien positif virus korona baru untuk menjalani isolasi mandiri di rumah. Hal ini berlaku bagi pasien tanpa keluhan medis yang saat ini dirawat di RSUD dr Tjitrowardojo.
 
“Terlalu lama berada di rumah sakit ternyata membuat pasien jenuh dan memperlambat penyembuhan. Karena kondisi mereka sebenarnya tidak mengalami keluhan kesehatan, sehingga tidak memerlukan perawatan khusus,” kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Purworejo, Darus, Jumat, 22 Mei 2020.
 
Ia mengatakan pemulangan puluhan pasien positif covid-19 akan dilakukan secara bertahap. Sebelum dipulangkan pihaknya akan berkoordinasi dengan gugus tugas kecamatan maupun desa terlebih dahulu agar tidak terjadi gejolak sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Pemkot Surabaya Intensifkan Rapid Test
 
Lebih lanjut, kata Darus, pasien yang dipulangkan wajib menjalani isolasi mandiri di rumah. Mereka tetap harus mematuhi protokol kesehatan serta tidak keluar dari lingkungan rumah.
 
“Fasilitas mereka selama isolasi mandiri di rumah, seperti kebutuhan sehari-hari juga harus tetap terpenuhi," ungkapnya.
 
Darus menambahkan selama empat hari terakhir tidak ada penambahan kasus positif covid-19. Dari total 74 pasien positif, sebanyak 17 orang sembuh dan 57 orang masih dirawat.
 
Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 2.153 orang, dengan rincian 1.407 dinyatakan negatif covid-19 dan 746 masih dalam pemantauan.
 
"Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 44 orang, 34 sembuh, 10 meninggal dan sudah tidak ada pasien yang dirawat," pungkasnya.

 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif