ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Puluhan Warga Makassar Jadi Korban Investasi Bodong, Kerugian Capai Rp4 Miliar

Muhammad Syawaluddin • 24 Mei 2022 15:24
Makassar: Puluhan orang menjadi korban penipuan modus investasi dan arisan bodong di Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Penipuan itu menyebabkan puluhan warga rugi hingga Rp4 miliar. 
 
Para member arisan bodong tersebut sempat mendatangi rumah owner bisnis tersebut di Perumnas Antang Blok 1, Kelurahan Biringromang, Kecamatan Manggala, Senin, 23 Mei 2020. Mereka meminta uang hasil investasi yang dijanjikan dikembalikan.
 
Salah satu korban, Amelia, 25, mengatakan pihaknya telah menunggu selama lima bulan sesuai dengan yang telah dijanjikan pelaku. Hingga hari ini, tidak ada tindak lanjut yang dilakukan perempuan berinisial AP, 22, itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sudah lima bulan hanya janji-janji palsu. Dia janji akan kembali dananya para member," kata Amelia, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Amelia mengaku bisnis investasi ini diketahuinya melalui media sosial. Setelah mempelajari, ia memutuskan untuk mendaftar pada Desember 2021, karena ada keuntungan yang bisa diperoleh. 
 
Ia menjelaskan setiap member yang berinvestasi atau menyetorkan uang akan mendapatkan keuntungan sebesar 10 persen tiap lima hari. 
 
Baca: Motor Pria di Tangsel Raib Usai Ditipu Debt Collector
 
"Jadi kalau setor Rp1 juta, keuntungannya Rp300 ribu selama 5 hari. Kalau setor Rp5 juta untungnya Rp500 ribu," jelasnya. 
 
Ia menjelaskan pada awal dirinya bergabung bisnis tersebut terlihat menjanjikan lantaran owner masih membayarkan apa yang dijanjikan. Namun, sejak empat bulan terakhir bisnis itu tidak lagi dibayarkan oleh mahasiswa itu. 
 
"Dia katanya mau jual rumah tapi tidak ada. Pokoknya hanya janji saja, makanya kami langsung saja datangi rumahnya," ujarnya. 
 
Beruntung saat puluhan orang member itu datang ke rumah AP, pihak kepolisian dari Polsek Manggala, tengah melakukan patroli dan kemudian melakukan pengamanan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 
 
Kapolsek Manggala, Kompol Edhy Supriadi Idrus, mengatakan saat ini perempuan berinisial AP itu telah diamankan. Pihaknya juga telah berkordinasi dengan Polda Sulawesi Selatan yang menangani kasus tersebut. 
 
"Seorang perempuan kita amankan. Saat ini kasus itu (investasi bodong) sudah ditangani di Polda Sulsel," jelasnya. 
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif