Ilustrasi penumpang di Bandara. Foto Medcom Hendrik
Ilustrasi penumpang di Bandara. Foto Medcom Hendrik

Memasuki Puncak Mudik, Kenaikan Penumpang di YIA Capai 80%

Nasional Mudik Lebaran Yogyakarta Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Ahmad Mustaqim • 25 April 2022 12:32
Kulon Progo: Lonjakan penumpang di Yogyakarta International Airport (YIA), Kabupaten Kulon Progo, mulai terjadi pekan ini. Lonjakan penumpang akan terjadi pada arus mudik dan arus balik.
 
"Prediksi kenaikan (jumlah penumpang) sudah terjadi minggu ini, sekitar 444 ribu, naik sekitar 80 persen. Ini sudah dimulai sejak minggu ini," kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama dihubungi, Senin, 25 April 2022.
 
Jumlah itu naik dibanding lebaran tahun lalu. Ia memprediksi puncak mudik di YIA akan terjadi pada Jumat, 29 April atau H-3 Lebaran. Sementara, lonjakan arus balik akan terjadi pada 8 Mei mendatang H+4 Lebaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jumlah penumpang di puncak arus balik sekitar 12 ribu (per hari) dihitung dari permintaan penerbangan," ujarnya.
 
Sejauh ini, ada 22 jadwal tambahan penerbangan. Jumlah tersebut termasuk empat jadwal pengaktifan ulang rute YIA ke Cengkareng.  
 
Di sisi lain, otoritas YIA mulai mengoperasikan posko terpadu arus mudik Lebaran 2022. Posko tersebut bagian terintegrasi dalam melayani pemudik.
 
Baca: Antisipasi Lonjakan Pemudik, Bandara Yogyakarta Buka 26 Penerbangan Ekstra
 
"Untuk mengantisipasi di musim mudik kali ini yang berbeda dengan kebijakan tahun lalu. Masyarakat diperbolehkan mudik dengan syarat vaksin lengkap ataupun dosis ketiga," ujarnya.
 
Selain arus mudik, YIA juga melakukan simulasi penerbangan internasional. Agus mengatakan pengaktifan kembali penerbangan internasional dimulai 29 April 2022. Penerbangan ini untuk rute YIA-Kuala Lumpur dan sebaliknya.
 
"Kami libatkan sekitar 400-an petugas, baik dari unsur TNI Polri, Airnav, KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan), dan stakeholder dalam komunitas bandara. Kami ingin pastikan perjalanan bisa dijamin keamanannya," ucap dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif