Delegasi G20 berfoto bersama Mangkunagori X, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai ikuti royal dinner, Kamis malam, 31 Maret 2022 di Pura Mangkunegaran. Medcom.id/ Triawati
Delegasi G20 berfoto bersama Mangkunagori X, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai ikuti royal dinner, Kamis malam, 31 Maret 2022 di Pura Mangkunegaran. Medcom.id/ Triawati

Kemenperin Pamerkan Furniture Indonesia pada Forum G20 di Solo

Triawati Prihatsari • 31 Maret 2022 22:35
Solo: Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memamerkan furniture produksi Indonesia dalam ajang G20 yang digelar di Solo. Dia menyebut furniture Indonesia sudah sustainable.
 
"Ini bukan pameran terbuka, namun kami ingin menyampaikan pesan pada para delegasi bahwa produk industri furniture kita sudah sustainable. Mulai dari bahan bakunya yang legal hingga kualitas dapat dipertanggungjawabkan," paparnya, di Solo, Kamis, 31 Maret 2022.
 
Sementara itu, di hari yang sama, 41 delegasi forum G20 mengikuti jamuan makan malam di Pura Mangkunegaran, Kamis malam, 31 Maret 2022. Dalam royal dinner tersebut, 41 delegasi mendapatkan jamuan makanan khas Pura Mangkunegran mulai dari wedang jeruk sere hingga semur daging khas Mangkunegaran. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peserta juga dihibur dengan pertunjukan wayang kulit dan tarian Mangkunegaran. Kedatangan delegasi disambut langsung oleh Penguasa Pura Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka serta istri Selvi Ananda.
 
"Menjadi kebanggan kami untuk menyambut Anda semua di Solo. Kami berharap pertemuan ini bisa membawa semangat untuk pulih pasca pandemi Indonesia, dan khususnya untuk Kota Solo," urai Mangkunagoro X dalam sambutannya. 
 
Baca: Kemenperin Cetak Wirausaha Industri Bertalenta Digital
 
Mangkunagoro X mengatakan saat ini Solo fokus mempercepat pemulihan ekonomi dengan percepatan vaksinasi covid-19. Vaksinasi ini ditujukan bagi masyarakat baik lansia, guru, seniman, pegiat wisata, pedagang pasar, karyawan pemerintahan hingga anak-anak.
 
"Dan atas hasil kerja keras dari pemkot, Solo berhasil mencatatkan pertumbuhan ekonomi sampai 4,01 persen. Yang mana itu juga melampaui capaian nasional," ujar Mangkunagoro X.
 
Di sisi lain, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan pemilihan Pura Mangkunegaran sebagai lokasi royal dinner delegasi G20 merupakan salah satu upaya mengenalkan budaya Solo. 
 
"Kita memilih beberapa tempat terbaik. Kunjungan wisatanya di Mangkunegaran untuk makan malam," ucap Gibran.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif