NEWSTICKER
Gunung Tangkuban Parahu. Dok. PVMBG
Gunung Tangkuban Parahu. Dok. PVMBG

Warga Sekitaran Tangkuban Parahu Diimbau Gunakan Masker

Nasional gunung meletus erupsi gunung
Roni Kurniawan • 02 Agustus 2019 11:30
Bandung: Kepala Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, mengimbau masyarakat yang tinggal di area Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat untuk menggunakan masker setelah terjadi erupsi sebanyak 8 kali sejak Kamis, 1 Agustus 2019 malam. Pasalnya hingga kini erupsi masih terjadi yang mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian 200 meter dari atas dasar kawah.
 
"Sebaran abu saat ini masih di sekitaran puncak di daerah kawah. Dan untuk antisipasi juga, masyarakat harus menyiapkan masker yang terkena di daerahnya. Kalau abu tingginya sudah 200 meter di atas dasar kawah, artinya tingginya sekitar 2100 di atas permukaan laut," ujar Kasbani di Kantor Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat, 2 Agustus 2019.
 
Kasbani menuturkan, Kolom abu teramati berwarna kelabu condong kearah utara dan timurlaut. Sedangkan secara seismik, aktivitas Gunung Tangkuban Parahu masih didominasi oleh gempa-gempa yang mencerminkan aktivitas di kedalaman dangkal berupa gempa hembusan,

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Agar mewaspadai meningkatnya konsentrasi gas-gas vulkanik dan dihimbau tidak berlama-lama berada disekitar kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu agar terhindar dari paparan gas yang dapat berdampak bagi kesehatan dan keselamatan jiwa," bebernya.
 
Sementara itu, masyarakat diakui Kasbani masih bisa berwisata atau beraktivitas diluar radius 1,5 kilometer dari kawah Gunung Tangkuban Parahu seperti Ciater (Subang) dan Lembang (Kabupaten Bandung Barat).
 
"Daerah-daerah itu berada diluar radius ancaman 1,5 kilometer. Termasuk pos pengmatan juga itu berada di radius 1,8 kilomter dari kawah, jadi masih aman," tegasnya.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif