NEWSTICKER
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Ribuan Personel Kawal Pilkades Kabupaten Tangerang

Nasional PIlkada Serentak 2020 Pilkades
Hendrik Simorangkir • 16 September 2019 20:37
Tangerang: Sebanyak tiga ribu personel gabungan diterjunkan mengantisipasi konflik pemilihan kepala desa (Pilkades) Kabupaten Tangerang yang akan dilaksanakan 1 Desember 2019. Pengamanan tersebut dilakukan di 92 desa yang masuk di wilayah hukumnya dari 153 desa yang menggelar Pilkades.
 
"Kemungkinan menerjunkan sekitar 3 ribu personel gabungan dari Polri, TNI, dan unsur pemerintah daerah. Jumlah pasukan tersebut masih mungkin adanya penambahan," kata Wakapolresta Tangerang AKBP Komarudin, Senin, 16 September 2019.
 
Komarudin menjelaskan 92 desa yang harus diamankan bukanlah sedikit. Potensi kerawanan konflik pada Pilkades umumnya lebih hebat daripada kontes politik pada level yang lebih tinggi. Hal itu karena perbedaan dukungan politik berinteraksi setiap hari yang disebabkan konsentrasi pada lingkup kecil yakni satu desa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komarudin meminta pasukan pengamanan mempelajari wilayah tugas masing-masing. Ia menambahkan, pasukan pengamanan memetakan potensi konflik agar tidak pecah dalam setiap tahapan Pilkades.
 
"Serta saya ingatkan agar aparat pemerintah atau aparat negara menjunjung tinggi netralitas agar Pilkades berlangsung aman, lancar, jujur, dan adil," jelas Komarudin.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif