Sejumlah warga di lokasi terdampak bencana awan panas guguran Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Minggu, 4 Desember 2022. Antara/HO-SAR Surabaya
Sejumlah warga di lokasi terdampak bencana awan panas guguran Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Minggu, 4 Desember 2022. Antara/HO-SAR Surabaya

Berita Populer Daerah

Gunung Semeru Erupsi Hingga Pencarian Korban Gempa Cianjur Nihil

Deny Irwanto • 05 Desember 2022 07:17
Jakarta: Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai wilayah Indonesia pada Minggu, 4 Desember 2022 dan dirangkum kanal Daerah Medcom.id. Peristiwa pertama ada pencarian korban hilang akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, di hari ke-14, tidak membuahkan hasil. Koban hilang masih tersisa delapan orang.
 
Kedua ada 1.979 jiwa mengungsi di 11 titik setelah Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada Minggu, 4 Desember 2022. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Semeru dari level III (siaga) menjadi level IV (awas).
 
Ketiga ada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menetapkan masa tanggap darurat bencana selama 14 hari usai Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran (APG).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keempat ada pemuda bernama Aldi Saputra, (13), warga Desa Tanjung Bulan Induk, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan, diduga menjadi korban mutilasi. Berikut ulasannya;
 
1. Pencarian Korban Hilang Gempa Ciajur di Hari ke-14 Nihil
 
Pencarian korban hilang akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, di hari ke-14, tidak membuahkan hasil. Koban hilang masih tersisa delapan orang.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Cianjur, Cecep Alamsyah, mengatakan korban luka berat mencapai 593 orang, total rumah rusak mencapai 8.151 unit. Rumah rusak sedang 11.210 unit dan rumah rusak ringan ada 18.469 unit.
 
Baca selengkapnya
 
2. 1.979 Jiwa Mengungsi Akibat Erupsi Gunung Semeru
 
Sebanyak 1.979 jiwa mengungsi di 11 titik setelah Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada Minggu, 4 Desember 2022. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Semeru dari level III (siaga) menjadi level IV (awas).
 
Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merinci 11 titik pengungsian itu meliputi, 266 jiwa di SDN 4 Supiturang, 217 jiwa di Balai Desa Oro-oro Ombo, dan 119 jiwa di SDN 2 Sumberurip.
 
Baca selengkapnya
 
3. Gunung Semeru Erupsi, Pemkab Malang Tetapkan 14 Hari Masa Tanggap Darurat Bencana
 
Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi dengan mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada Minggu, 4 Desember 2022, sejak pukul 02.46 WIB. Atas peristiwa ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menetapkan masa tanggap darurat bencana selama 14 hari.
 
Baca selengkapnya
 
4. Pelajar di Kabupaten OKU Selatan Diduga Jadi Korban Mutilasi
 
Pemuda bernama Aldi Saputra, (13), warga Desa Tanjung Bulan Induk, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan, diduga menjadi korban mutilasi. Jasadnya ditemukan warga di kebun kopi pada Sabtu, 3 Desember 2022, sekitar pukul 08.00 WIB.
 
Baca selengkapnya
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif