Vaksinasi hewan ternak di Kabupaten Jepara. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Vaksinasi hewan ternak di Kabupaten Jepara. Medcom.id/ Rhobi Shani.

Jepara Dapat Tambahan Vasin PMK 2 Ribu Dosis

Rhobi Shani • 19 Juli 2022 13:21
Jepara: Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kembali melakukan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK). Sebelumnya, vaksinasi PMK terpaksa dihentikan selama sepekan lantaran vaksin tidak tersedia.
 
Kepala Bidang Peternakan pada DKPP Jepara, Mudhofir, mengatakan vaksin PMK sebanyak 3.000 dosis pada termin pertama habis pada 12 Juli 2022. Kini, vaksinasi PMK di Kota Ukir kembali dilanjutkan setelah DKPP mendapat pasokan vaksin sebanyak 2.000 dosis.
 
“Kemarin di ambil ke Semarang. Ini vaksinasi sudah bisa dilanjutkan lagi,” ujar Mudhofir, Selasa, 19 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vaksin PMK pada termin pertama sebanyak 3.000 dosis tidak semuanya terpakai. Dari jumlah tersebut hanya 2.983 dosis yang disuntikan kepada hewan ternak. Sebab, sebanyak 17 dosis vaksin PMK tidak dapat disuntikan lantaran rusak.
 
Baca: 1.059 Ternak di Bengkulu Sembuh dari PMK

“Ada 17 yang tidak bis adigunakan karena berbagai hal,” kata Mudhofir.
 
Guna mengantisipasi keterlambatan vaksin PMK, saat ini DKPP Jepara telah mengajukan kembali pasokan vaksin kepada pemerintah provinsi sebanyak 5.000 dosis. Vaksin tersebut direncanakan digunakan pada Agustus mendatang.
 
“Mudah-mudahan vaksinnya ada sehingga kegiatan vaksinasi ini bisa terus berjalan,” ujar Mudhofir.
 
Saat ini kasus aktif PMK di Bumi Kartini sebanyak 689 kasus. Hingga kini, akumulasi kasus PMK di Kabupaten Jepara ada 1.398 kasus. Hewan ternak yang mati lantaran terpapar PMK sampai saat ini sudah 21 ekor. Kemudian sembilan ekor hewan ternak terpaksa dipotong paksa.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif