Petugas BKKPN Kupang mengukur dan mengidentifikasi bangkai paus sperma yang terdampar di kawasan pantai di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/HO BKKPN Kupang)
Petugas BKKPN Kupang mengukur dan mengidentifikasi bangkai paus sperma yang terdampar di kawasan pantai di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/HO BKKPN Kupang)

Bangkai Paus Sperma Terdampar di Pulau Sabu

Antara • 08 April 2022 13:10
Kupang: Bangkai satu paus sperma (Physeter macrocephalus) terdampar di kawasan pantai Wadumaddi di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur.
 
Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Imam Fauzi mengatakan paus sperma itu ditemukan terdampar di kawasan pantai dekat objek wisata Bukit Salju pada Kamis malam, 6 April 2022.
 
"Saat ditemukan sudah dalam keadaan membusuk," katanya, Jumat, 7 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, petugas BKKPN Kupang sudah berada di lokasi penemuan bangkai paus sperma yang panjangnya diperkirakan sekitar sembilan meter tersebut.
 
"Teman-teman dari BKKPN akan melakukan identifikasi dan pengukuran serta pengambilan sampel untuk uji DNA," katanya.
 
Baca juga: Waspada! Harimau Masuk ke Permukiman Warga di Agam
 
Imam mengemukakan paus sperma itu kemungkinan sudah mati di tengah laut beberapa hari lalu dan kemudian terbawa arus ke kawasan pantai di Desa Wadumaddi, Kecamatan Hawu Mehara.
 
Dia menambahkan setelah melakukan identifikasi, pengukuran, dan pengambilan sampel, petugas BKKPN Kupang akan menguburkan bangkai paus sperma tersebut.
 
Sementara itu, Kepala Polres Sabu Raijua AKBP Jakob Seubelan mengatakan warga setempat akan melakukan ritual adat sebelum penguburan bangkai paus.
 
"Rencananya dilakukan ritual adat oleh tokoh adat Mone Ama, baru dilanjutkan penguburan di sekitar pantai guna menghindari pencemaran biota laut," jelasnya.
 
Ia menambahkan, kepolisian mengerahkan petugas ke lokasi penemuan dan penguburan bangkai paus sperma untuk mencegah orang berkerumun untuk menyaksikannya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif