ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Jauh Dari Sekolah, Warga Kecamatan Pasar Kliwon Solo Dijatah Kelas Virtual

Triawati Prihatsari • 05 Juli 2022 18:01
Solo: Warga Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo memperoleh jatah satu rombel (romongan belajar) kelas virtual untuk siswa jenjang SMA pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022/2023. Hal itu dilakukan menanggapi keluhan warga di kecamatan tersebut yang jauh dari lokasi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri.
 
"Ini masalah setiap tahun, karena di Kecamatan Pasar Kliwon tidak ada SMA Negeri. Jadi banyak warga tidak mendapatkan sekolah karena sistem zonasi yang diterapkan. Mereka kemudian 'terlempar' ke daerah lain seperti Sukoharjo, Sragen atau Karanganyar," kata Anggota Komisi IV DPRD Solo, Ekya Sih Hananto, di sela acara sosialisasi kelas virtual, di Solo, Selasa, 5 Juli 2022.
 
Baca: Kemendikbudristek Dorong Sekolah Masih Belajar Daring Segera Gelar PTM

Dia menyebutkan permasalahan yang sama dihadapi warga Pasar Kliwon setiap tahunnya periode PPDB. Menurutnya, 'jatah' kelas virtual yang diperoleh Kecamatan Pasar Kliwon tahun ini bukan solusi yang solutif.
 
Pasalnya banyak kekhawatiran dari orang tua muncul sebelum mantap mendaftarkan anaknya mengikuti program tersebut. Dia berharap pembangunan sekolah di Kecamatan Pasar Kliwon menjadi solusi yang dapat direalisasikan tahun depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan permasalahan yang sama, maka warga mau tidak mau harus ke sekolah swasta. Padahal warga di Kecamatan Pasar Kliwon banyak yang ekonominya di bawah. Kalau tidak di sekolah negeri kan kasihan," ungkapnya
 
Camat Pasar Kliwon, Ahmad Khoironi, menambahkan Pasar Kliwon mendapatkan satu kuota dari enam kelas virtual di Jawa Tengah. Pasar Kliwon sendiri mendapatkan kuota satu rombel dengan kapasitas 36 siswa berafiliasi dengan SMAN 2 Solo.
 
"Ini menjadi jalan keluar untuk saat ini karena permasalahan setiap tahun yang sama. Sampai saat ini jumlah pendaftar mencapai 35 karena ada yang mengundurkan diri. Warga masih banyak yang mengkhawatirkan pelaksanaan kelas virtual ini," bebernya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif