Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai meninjau arus mudik di Gerbang Tol Cileunyi, Jawa Barat. Medcom.id/ P Aditya Prakasa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai meninjau arus mudik di Gerbang Tol Cileunyi, Jawa Barat. Medcom.id/ P Aditya Prakasa

Ridwan Kamil Pastikan Arus Mudik di Jabar Masih Aman dan Terkendali

Nasional ridwan kamil Mudik Lebaran Jawa Barat Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
P Aditya Prakasa • 28 April 2022 15:07
Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan arus mudik pada H-4 Lebaran 1443 Hijriah berjalan aman dan terkendali. Meski begitu Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama instansi terkait tetap bersiaga untuk mengantisipasi peningkatan jumlah arus kendaraan yang diprediksi terjadi hari ini, Kamis 28 April 2022.
 
Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, pada Rabu 28 April 2022, kendaraan yang masuk ke Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, jumlahnya telah mencapai puluhan ribu. Pihaknya telah menyiapkan strategi jika peningkatan jumlah kendaraan meningkat.
 
"Pergerakan masih aman terkendali," kemarin 24 ribu (kendaraan) yang masuk prediksi sesuai prediksi hari ini ya (meningkat)," ucapnya seusai meninjau pos pengamanan di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis 28 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan, pada sore ini di ruas tol arah Jakarta menuju Cirebon dan Bandung akan diberlakukan satu arah atau one way. Namun pemberlakuan itu hanya dilakukan pada jam tertentu.
 
Baca: Pemudik dari Jawa Via Tol Trans Sumatra Naik 52%
 
"Hari ini jam 17.00 WIB sore arah Jakarta ke Cirebon Bandung akan disatuarahkan, sebelum pukul 5 masih bisa dari Bandung ke Jakarta tapi ada contraflow setelah jam 17.00 WIB full mengantisipasi kepadatan," katanya.
 
Selain itu, kata Emil, sebanyak 400 pos ditempatkan di seluruh Jawa Barat saat mudik Lebaran. Dia mengingatkan para pemudik untuk tidak memaksakan untuk mengemudi saat kelelahan.
 
"Masing-masing ada pos utama. Di Polres Bandung ini dengan fasilitas lengkap, kalau kelelahan ingat jangan dipaksakan bisa istirahat di sini ada makan gratis, pijat gratis yang belum vaksin disediakan agar kita pulang ada rasa aman sudah divaksin," katanya.
 
Emil mengapresiasi inovasi yang dilakukan jajaran Polresta Bandung dengan adanya program pom mini mobile untik kendaraan yang kehabisan bensin. Petugas akan langsung mendatangi kendaraan yang kehabisan bensin di tengah-tengah tol. 
 
"Istimewa di Cileunyi warga kalau kehabisan bensin di tol dan jauh dari rest area bisa menghubungi 135 nanti motor pertamina dikawal polisi akan menolong mengantarkan bensin. Saya apresiasi," katanya.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif