Manisnya pangek pisang makanan khas Sumbar. Foto: Dok/Metro TV
Manisnya pangek pisang makanan khas Sumbar. Foto: Dok/Metro TV

Manisnya Pangek Pisang Makanan Khas Sumbar

MetroTV • 09 Februari 2022 13:30
Padang: Makanan khas Solok Selatan, Sumatra Barat, yakni Pangek Pisang kini bisa dinikmati di sebuah kedai kopi di Kota Padang sambil minum kopi. Makanan tradisional ini dihidangkan bersama ketan putih.
 
Di Kota Padang terdapat sebuah tempat tongkrongan anak muda yang cukup unik. Selain menyajikan beragam kopi, di sana pengunjung dapat menikmati makanan khas Solok Selatan, yaitu Pangek Pisang.
 
Ide penyajian Pangek Pisang digagas oleh Husnal Drayeni. Di kedai kopi miliknya, Husnal menyempatkan untuk membuat Pangek Pisang yang memiliki cita rasa dan ciri khas saat dihidangkan bersama ketan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Husnal mengaku sengaja menyediakan menu Pangek Pisang agar generasi milenial bisa mengenal salah satu makanan khas Sumatera Barat tersebut.
 
"Tujuan utama kita adalah ingin mengenalkan kepada milenial bahwa makanan tradisional itu lebih murah, lebih gampang kita dapatkan, bebas dari bahan kimia, dan rasanya tak kalah enak dengan jajanan lain," ujar Husnal Drayeni, pemilik kedai kopi, dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia, Rabu, 9 Februari 2022.
 
Proses pembuatan Pangek Pisang cukup sederhana. Awalnya disiapkan pisang batu atau pisang kepok dan ditambahkan garam, santan, kunyit, daun pandan, serta daun pisang. Daun pisang dan daun pandan digunakan dalam proses memasak agar aroma yang disajikan menjadi lebih nikmat.
 
Setelah disusun, pisang tersebut disiram dengan santan. Lalu, berikan sedikit garam, kunyit, dan tunggu hingga mendidih. Ketika sudah matang, Pangek Pisang dapat langsung disajikan dengan ketan putih untuk menambah kelezatan makanan khas Solok Selatan yang masih belum banyak dicoba oleh generasi muda itu.
 
Salah satu pengunjung milenial mengaku terkejut saat mencicipi Pangek Pisang. Pisang yang biasa dijadikan kolak, kini seakan dimasak gulai atau opor. Tentu dengan rasa yang khas dan unik.
 
"Makan Pangek Pisang ini pertama kali saya coba di coffee shop. Enak, untuk pertama kali saya coba. Untuk pribadi, ratingnya 10/10," kata salah satu pengunjung, Wulan.
 
Seporsi Pangek Pisang beserta ketan putih dapat dinikmati dengan harga terjangkau, yakni Rp15.000, di kawasan Jalan Flamboyan, Padang, Sumatra Barat. (Fatha Annisa)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif