ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Anak Penderita Sepsis Kardiomiopati Dirujuk ke Makassar

Nasional penyakit langka
Medcom • 29 Juni 2020 12:09
Jakarta: Rumah Harapan bekerjasama dengan Yayasan Media Group dan Sriwijaya Air merujuk Urlando dari RSUD Merauke ke RS Wahidin Makassar. Pendiri Rumah Harapan, Melanie Subono, mengatakan anak berusia 7 tahun tersebut menderita sakit Sepsis Kardiomiopati.
 
"Di Merauke yang keterbatasan, hanya bisa di rawat stabil kan, sementara untuk tindakan, masih banyak keterbatasan dan ada satu cairan yang sangat diperlukan, di mana itu tidak tersedia di merauke," kata Melanie, Senin, 29 Juni 2020.
 
Melanie menjelaskan pihaknya sudah mengecek rumah sakit yang bisa melakukan tindakan dan memiliki cairan yang dibutuhkan itu adalah RS Wahidin Makassar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melanie menjelaskan rencana sementara adalah pasien akan berangkat 4 orang (Ayah, ibu, pasien, dan 1 petugas medis yang akan langsung kembali kemerauke. Saat diperiksa di Makassar dan langsung bisa dilakukan operasi, maka kurang lebih akan dirawat selama 2 bulan.
 
"Apabila ternyata belum bisa langsung dioperasi dan harus menjalankan kemo radiasi, maka minimal perawatan akan berjalan 4 bulan," jelas Melanie.
 
Dia mengatakan Rumah Harapan akan mengurus BPJS pasien, tanggungan non BPJS, tempat tinggal orang tua di dekat rumah sakit, makan atau transport selama di Makassar untuk orang tua, dan obat non rumah sakit yang harus ditanggung.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif