Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Penyebab Pesawat Jatuh di Danau Sentani Diselidiki

Nasional kecelakaan pesawat
Roylinus Ratumakin • 12 Mei 2020 10:26
Jayapura: Penyebab kecelakaan pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) masih diselidiki. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan bekerja sama dengan MAF menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat.
 
"Kondisi jenazah masih utuh dan terikat di kursi. Mudah-mudahan proses investigasi jatuhnya pesawat berjalan lancar," kata Staf KNKT Papua, Norbert Tunjanan, di Jayapura, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Seorang saksi mata, Hans Yoku, mengaku melihat pesawat dalam kondisi miring dan masuk ke Danau Sentani. Kala itu, Hans tengah mencari pelampung jaring ikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya dari selatan menuju utara, mencari pelampung jaring, saya dengar bunyi pesawat sudah lain, dia miring-miring sampai masuk ke air, saya tidak lihat jam, tapi mungkin sekitar jam enam atau jam enam lewat," ujar Hans.
 
Baca:Jenazah Pilot Pesawat Jatuh di Danau Sentani Dievakuasi
 
Sementara itu, Danlaud Silas Papare, Marsal TNI Tri Bowo Budi Santoso, mengatakan pihaknya mengetahui pesawat jatuh setelah mendengar melalui radio. Pesawat diduga jatuh pukul 6.27 WIT.
 
"Komunikasi may day, dari pukul 6.27 WIT, di menit 29 terlihat jatuh di danau Sentani. Kemudian kami bersama Basarnas melakukan evakuasi terhadap pilot," kata Tri.
 
Pilot pesawat nahas itu diketahui bernama Joice Lin, berkebangsaan Amerika Serikat. Jenazah Joice ditemukan di kedalaman 13 meter di Danau Sentani.
 
Joice Lin terbang untuk membantu menyediakan penerbangan evakuasi medis. Joice melayani pengangkutan pasokan untuk pengembangan masyarakat, mengangkut misionaris, guru, dan pekerja bantuan kemanusiaan ke pedalaman Papua.
 
Pesawat PK- MEC dilaporkan jatuh pada Selasa pagi,12 Mei 2020, sekitar pukul 6.27 WIT. Pesawat dalam penerbangan dari Sentani menuju Mamit, Kabupaten Tolikara,Papua. Pesawat itu mengalami kecelakaan setelah sekitar dua menit terbang.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif