Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Adanan Mangopang. Medcom.id/P Aditya Prakasa
Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Adanan Mangopang. Medcom.id/P Aditya Prakasa

Diduga Aliran Sesat, 8 Pengurus Baiti Jannati Ditangkap

P Aditya Prakasa • 24 Juni 2021 20:33
Bandung: Satuan Reskrim (Satreskrim) Polrestabes Bandung menangkap sejumlah orang yang diduga mengajarkan aliran sesat, Baiti Jannati. Tujuanya untuk mencegah adanya perselisihan kelompok tersebut dengan warga setempat.
 
"Untuk sementara kita mengamankan delapan orang pengurus yayasan tersebut, dalam arti kita untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi friksi atau gesekan antara warga dengan pengurus yayasan atau jemaah yayasan Baiti Jannati ini," ucap Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Adanan Mangopang, di Mapolrestabes Bandung, Jumat, 24 Juni 2021.
 
Dia mengatakan, delapan orang yang ditangkap menjabat sebagai ketua, wakil ketua, dan humas di lembaga tersebut. Mereka bakal menjalani pemeriksaan awal oleh penyidik dari Satreskrim Polrestabes Bandung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain pemeriksaan, polisi juga akan memintai keterangan dari sejumlah saksi dan mengumpul barang bukti. Jika nantinya ditemukan ada unsur pidana dalam kasus itu, polisi bakal menindaklanjuti sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
 
Baca: 103 Warga Bumi Cikarang Makmur Bekasi Positif Covid-19
 
"Apakah bisa kita kenakan Pasal 165 A atau penistaan agama ya nanti kita akan berproses sesuai ketentuan hukum dan kita profesional tidak akan mendiskreditkan suatu kelompok atau golongan masyarakat tertentu, akan kita proses sesuai ketentuan hukum," terang dia.
 
Sebelumnya, pada Rabu 23 Juni 2021 malam, sejumlah warga Cijawura, Buahbatu, Kota Bandung, mendatangi sebuah lembaga pendidikan agama. Menurut laporan warga, sang ketua berinisial R mengaku sebagai rasul.

 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif