Ilustrasi / Medcom.id
Ilustrasi / Medcom.id

Gempa 5,9 Magnitudo Guncang Bolaang Uki Sulut

Nasional gempa Gempa Bumi BMKG
Sri Yanti Nainggolan • 09 Juli 2021 21:36
Manado:  Gempa bermagnitudo 5,9 mengguncang wilayah Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, pukul 20.31 WIB. Pusat gempa berada di laut 52 kilometer (km) Barat Daya Bolaang Uki.
 
Melansir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat lokasi gempa di laut pada 52 km Timur Laut Waibakul. Gempa tidak berpotensi tsunami.
 
"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," saran BMKG.
 
Gempa dirasakan dengan skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI) di sejumlah daerah. Yaitu Gorontalo, Kotamobagu, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Pohuwato, dan Bone Bolango. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, III MMI di Luwuk dan II-III di Taliabu. Lalu, II MMI dirasakan di Manado, Tibawa, Minahasa, dan Minahasa Selatan.
 
Skala II MMI, yakni getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah serta terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. 
 
Lalu, skala IV MMI artinya pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang. Gempa bisa menyebabkan gerabah pecah, jendela/pintu berderik, dan dinding berbunyi.
 
Sementara itu, korban luka maupun jiwa juga belum diketahui. Termasuk, kerusakan akibat gempa.

 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif