Upacara melasti di Pantai Bandengan, Minggu, 7 Maret 2021.
Upacara melasti di Pantai Bandengan, Minggu, 7 Maret 2021.

Kesederhanaan Melasti di Tengah Pandemi

Rhobi Shani • 07 Maret 2021 18:16
Jepara: Umat Hindu di Kabupaten Jepara menggelar upacara melasti. Kali ini upacara melasti dilangsungkan dengan cara sederhana. Tak ada arak-arakan gunungan dari aneka jenis buah-buahan maupun sayuran. Peserta melasti hanya membawa sesaji di tangan, berjalan di tepi pantai.
 
Tokoh pemuda Hindu Jepara, Totok Hermanto, mengatakan bila tiap tahun upacara melasti diikuti ratusan umat, kali ini hanya dikuti kurang dari 50 umat Hindu di Jepara. Setelah ritual sembahyang dilanjutkan dengan larung sesaji.
 
"Biasanya melasti juga diikuti sejumlah umat (Hindu) dari luar daerah Jepara, tapi karena ini masih pandemi covid-19 jadi dibuat sederhana. Sesaji yang dibawa, sesaji kecil-kecil," ujar Totok, Minggu, 7 Maret 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Upacara melasti dilaksanakan di Pantai Bandengan. Jero Mangku Adi Supaeno memimpin jalannya meslati di dampingi pinandita Sujianto, Jasmani, Sampur, Agus Setiawan, dan Ngardi. Dengan duduk beralas tikar di tepi, peserta Melasti mengikuti sembahyang dengan khidmat.
 
Baca: Seorang Pemuda Kena Sanksi Adat Rp1,8 Miliar Akibat Bunuh Gadis Setempat
 
"Pelaksanaan Melasti tetap mematuhi protokol kesehatan. Selesai sembahyang, terus dilanjutkan larung sesaji," kata Totok.
 
Upacara Melasti atau pensucian dilaksanakan tiga hari sebelum Hari Nyepi. Upacara dilakukan umat Hindu guna membuang segala macam kotoran jasmani dan rohani agar khidmat dalam pelaksanaan ritual Nyepi.
 
Dalam kepercayaan Hindu, sumber air suci seperti air danau dan laut dianggap sebagai asal tirta amerta atau air kehidupan yang dapat menyucikan segala kotoran di dalam diri manusia dan alam.
 
"Tujuannya agar dalam melaksanakan ibadah Nyepi raga ini benar-benar bersih," kata Totok.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif