Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Dispenser Disita, Narapidana Bakar Rutan

Nasional kebakaran kerusuhan penjara
ant • 03 Juni 2019 19:09
Banda Aceh: Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B, Blang Paseh, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh terbakar, Senin, 3 Juni 2019.Kebakaran dipicu ditariknya dispenser milik narapidana oleh petugas. Narapidana yang tidak terima penarikan tersebut lantas membakar fasilitas rutan.
 
"Pemicu kebakaran disebabkan hal kecil dimulai dari penarikan dispenser oleh petugas dari warga binaan," kata Kepala Divisi Pemasyarakaran Kanwil Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman di Rutan Negara Kelas IIB Sigli, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Senin, 3 Juni 2019.
 
Baca:Napi Lapas Kelas IIB Pidie Lempari Petugas dengan Batu

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budiman menyebutkan, penarikan 15 dispenser dari warga binaan oleh petugas rutan tanpa alasan yang jelas menyebabkan kerusuhan dan terjadinya aksi pembakaran fasilitas rutan.
 
"Jadi, 15 dispenser tersebut sengaja dibagikan oleh Kepala Rutan sejak lima bulan yang lalu khusus untuk warga binaan agar memudahkan mereka dalam melaksanakan ibadah bulan suci Ramadan," ungkap dia.
 
Pasca kebakaran Rutan Negara Kelas IIB Sigli, para warga binaan menyampaikan tiga tuntutan kepada Kepala Divisi Pemasyarakaran Kanwil Kemenkumham Aceh.
 
"Tadi mereka meminta tiga hal, pertama arus listrik segara diaktifkan kembali agar memudahkan mereka melaksanakan ibadah salat tarawih, kedua pelaku penarikan dispenser dipindahkan, dan ketiga kunjungan tamu bisa segera normal," ucap Budiman didampingi Kapolresta Pidie, AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar dan Kodim 0102/Pidie Letnan Kolonel ARM Wagino.
 
Baca:Lapas Kelas IIB Pidie Terbakar
 
Budiman juga mengaku, saat ini Rutan Negara Kelas IIB Sigli melebihi kapasitas maksimal yakni, 120 orang dan sekarang dihuni 466 orang.
 
BPBD Pidie, Provinsi Aceh menurunkan sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan kobaran api yang melalap Rutan tersebut dari pukul 11:30 WIB.
 
Para petugas BPBD Pidie dari atas mobil pemadam kebakaran di depan Lapas Kelas IIB Pidie menyemprot air ke dalam lapas tersebut. Pada pukul 14:40 WIB tampak bahwa api yang membakar rutan sudah padam total dan sejumlah personel polisi masih siaga di lokasi guna mengamankan area rutan.
 
"Hanya satu orang yang dievakuasi dan yang lainnya masih di dalam rutan," kata Kapolresta Pidie, AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif