NEWSTICKER
Warga terdampak banjir yang dievakuasi di wilayah Limo, Cinere, Depok. Foto: Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno
Warga terdampak banjir yang dievakuasi di wilayah Limo, Cinere, Depok. Foto: Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Depok Dikepung Banjir, Satu Orang Warga Tewas

Nasional banjir depok
Octavianus Dwi Sutrisno • 01 Januari 2020 11:20
Depok: Diguyur hujan sejak malam pergantian tahun, Kota Depok kini dikepung banjir dan tanah longsor. Pantauan Medcom.id, beberapa wilayah yang terdampak banjir yaitu Perumahan Bukit Cengkeh 2 Tugu Kecamatan Cimanggis, Kelurahan Pangkalan Jati Kecamatan Cinere, Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Sawangan.
 
Taufik Ibrahim, Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Kota Depok mengatakan satu orang meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan rumah di Jalan Andara Gg Masjid RT 07 RW 01 Kelurahan Pangkalan Jati Baru Kecamatan Cinere.
 
"Ini yang meninggal pemilik rumah, jadi ketika hujan lebat tadi pagi rumahnya roboh, didalam rumah ada tiga orang. Dua yang selamat sedang proses evakuasi," ucap Taufik saat dihubungi Rabu 1 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu banjir juga melanda wilayah Jatijajar dan Cilangkap, sejumlah rumah diketahui terendam air banjir. Namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
 
"Untuk Jatijajar di RT 07 RW 09, enam rumah terendam banjir. Sedangkan di RW 2 ada 10 rumah," ucapnya.
 
Beberapa ruas Jalan Protokol juga mulai tergenang banjir seperti di Jalan Raya Margonda dan Cilodong, para petugas penanggulangan bencana diturunkan termasuk TNI dan Polri untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir.
 
Selanjutnya Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Somad menyampaikan keprihatinan terhadap kejadian banjir dan longsor akibat hujan dengan skala tinggi. Diakuinya Aliransungai katulampa dan lainnya di wilayah Bogor, juga dalam kondisi peringatan bagi Depok Jakarta dan sekitarnya.
 
"Kami akan berusaha menurunkan bantuan semaksimal mungkin dan sudah menginstruksikan, kepada seluruh jajaran pemerintahan khususnya yang terkait langsung untuk proaktif memantau dan sekaligus menurunkan satgas dan alat-alat bantuan lainnya kepada masyarakat," tandasnya.
 
"Kami juga mengajak komponen masyarakat dan warga untuk saling membantu saudara kita yang terkena bencana banjir dan longsor di wilayahnya," pungkasnya.
 

(FJR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif