Ilustrasi kapal penangkap ikan, Ant -  Muchtar
Ilustrasi kapal penangkap ikan, Ant - Muchtar

Dua Kapal Nelayan Asing Ditangkap di Perairan Raja Ampat

Antara • 31 Mei 2016 14:52
medcom.id, Sorong: TNI Angkatan Laut menangkap dua kapal nelayan asing di perairan sebelah utara Pulau Fani, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Kapal nelayan itu menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia.
 
KRI Multatuli menangkap dua kapal berbendera asing pada Jumat 27 Mei 2016. Satu kapal yaitu KM Jessica 006 GT 12 berbendera Filipina. Sementara KM Pha Ong 95030 GT 14 berbendera Vietnam.
 
Komandan Gugus Keamanan Laut Timur  (Danguskamlatim) Laksamana Pertama (TNI)  ING Sudihartawan di
Sorong, Papua Barat, mengatakan kapal berbendera Filipina mengangkut 10 awak. Satu di antaranya berkebangsaan Indonesia, asal Sulawesi Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan KM Pha ONg 95030 GT 14 mengangkut 13 awak. Dua kapal itu ditangkap di Samudera Pasifik, tepatnya di sebelah utara Pulau Fani. 
 
Militer lalu menggiring kapal ke Pangkalan Lantamal XIV Sorong pada Senin siang 30 Mei 2016. Saat ditangkap, KM Jessica kooperatif menyerahkan diri. 
 
KM Pha Ong berusaha kabur. KRI Multatuli melepaskan tembakan peringatan untuk menghentikan pencuri
ikan tersebut.
 
Saat penangkapan, militer tak menemukan barang bukti hasil penangkapan di KM Jessica. Tapi kapal tak mempunyai surat izin masuk perairan Indonesia.
 
"KM Pha ONg 95030 GT 14 Vietnam ditemukan dengan barang bukti delapan ton teripang yang diduga hasil curian di perairan Indonesia. Kapal tersebut juga tidak dilengkapi dengan surat ijin masuk ke Indonesia," ujar Sudihartawan.
 
Sudihartawan mengatakan awak kapal akan diproses secara hukum sesuai undang undang.
 
(RRN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif