Senja di pantai Ujunggelam Karimunjawa.
Senja di pantai Ujunggelam Karimunjawa.

Pemkab Jepara Buka Kembali Pariwisata Karimunjawa

Nasional pariwisata Virus Korona covid-19
Rhobi Shani • 14 Oktober 2020 14:44
Jepara: Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, membuka kembali pariwisata Karimunjawa pekan ini. Namun, jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah terluar Kabupaten Jepara itu dibatasi 100 orang dalam sepekan.
 
Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan reaktivitas pariwisata Karimunjawa berdasarkan evaluasi simulasi pembukaan pariwisata Karimunjawa. Juga berdasarkan surat dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Nomor 556/2560 tentang rekomendasi pembukaan Karimunjawa secara bertahap dan terbatas.
 
"Meskipun sudah bisa dibuka, namun kegiatan kepariwisataan harus mematuhi peraturan yang berlaku dengan pembatasan kegiatan masyarakat, menerapkan protokol kesehatan," ujar Dian, Rabu, 14 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kabid Destinasi Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Nur Zuhruf, mengatakan pembukaan pariwisata Karimunjawa masih terbatas. Dalam sepekan hanya dibatasi untuk 100 wisatawan.
 
Baca:4 Pekan Beruntun, Kasus Aktif Covid-19 di DKI Bertahan di Atas 1.000 Orang
 
"Bagi wisatawan juga ada syarat-syaratnya. Seperti harus rapid test sebelum berangkat ke Karimunjawa," kata Zuhruf.
 
Jumlah penumpang kapal penyeberangan juga dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas. Anak-anak dan lansia masih dilarang untuk mengikuti perjalanan wisata ke Karimunjawa.
 
"Otomatis nanti tiket anak-anak sudah tidak dijual untuk semua kapal penyeberangan," ujarnya.
 
Sejak Maret 2020 aktivitas pariwisata di Karimunjawa ditutup. Selama masa pandemi covid-19 Karimunjawa masih menjadi zona hijau.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif