Ilustrasi--Petugas Bio Farma melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 Sinovac setibanya di Dinas Kesehatan DKI Jakarta. (Foto: ANTARA/M Adimaja)
Ilustrasi--Petugas Bio Farma melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 Sinovac setibanya di Dinas Kesehatan DKI Jakarta. (Foto: ANTARA/M Adimaja)

3 Daerah di Lampung Prioritas Dapat Vaksin Covid-19 Perdana

Nasional Virus Korona vaksin covid-19 Pencegahan Covid-19 penanggulangan covid-19
Antara • 12 Januari 2021 14:32
Bandar Lampung: Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mulai mendistribusikan vaksin covid-19 ke tiga daerah yakni Kota Bandarlampung, Metro, dan Kabupaten Lampung Selatan untuk vaksinasi tahap pertama.
 
"Sesuai perintah Kementerian Kesehatan kita tidak langsung serentak mendistribusikan vaksin ke-15 kabupaten/kota. Tahap pertama ini hanya tiga daerah dulu," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Selasa, 12 Januari 2021.
 
Dia menyebutkan pada tahap pertama, vaksin yang disalurkan ke tiga kabupaten/kota yakni sebanyak 14.497 dosis. Perinciannya, Kota Bandarlampung mendapatkan 9.624 dosis, Metro 2.587 dosis, dan Kabupaten Lampung Selatan 2.286 dosis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi setelah 3 kabupaten/kota ini mendapatkan vaksin kemudian 12 daerah lagi menunggu informasi dari Kemenkes," kata dia.
 
Reihana menyebutkan pemilihan tiga kabupaten/kota sebagai penerima pertama vaksin covid-19 karena ada perhitungan khusus.
 
Baca juga: Wali Kota Pontianak Pastikan Bantu Keluarga Korban Sriwijaya Air
 
"Nanti setelah 14 hari suntikan pertama, akan ada penyuntikan vaksin ke dua. Jadi bukan vaksin yang ada di ruang pendingin itu kita langsung salurkan dan habiskan sekaligus ke kabupaten/kota," kata dia.
 
Hal tersebut, lanjut dia, guna menghindari terputusnya vaksin covid-19 yang tersedia sehingga pada penyuntikan ke dua setelah 14 hari vaksin masih dapat mencukupi.
 
"Jadi jangan sampai vaksin ini terputus sehingga sudah ada untuk dua pekan disuntikkan kembali," jelasnya.
 
Ia menambahkan penyuntikan pertama vaksin covid-19 di Lampung akan dilakukan pada Kamis, 14 Januari 2021.
 
"Kalau di provinsi penyuntikan vaksin akan dibuka Kamis dan untuk kabupaten/kota yang sudah dapatkan vaksin itu pada Jumat. Saya harap semuanya sudah siap saat pelaksanaan vaksinasi," ungkapnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif