ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Antisipasi PMK, Sulawesi Barat Perketat Lalu Lintas Ternak Jelang Iduladha

Antara • 30 Juni 2022 07:17
Sulbar: Pemprov Sulawesi Barat memperketat pengawasan perbatasan lalu lintas hewan kurban. Hal ini guna mencegah dan mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK).
 
"Menjelang perayaan Iduladha 1443 hijriah Forkopimda Sulbar memperketat pengawasan perbatasan untuk mencegah masuknya PMK yang berpotensi dibawa kurban," kata Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik, di Mamuju, Rabu, 30 Juni 2022.
 
Ia mengatakan Forkopimda Sulbar telah melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka mengantisipasi PMK pada hewan kurban menjelang Iduladha.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pergerakan ternak keluar masuk Sulbar akan semakin massif beberapa hari kedepan, apalagi mendekati perayaan Iduladha, sehingga pemerintah provinsi memperketat perbatasan," ucapnya.
 
Menurut dia, Forkopimda Sulbar juga telah sepakat membentuk tim satuan tugas (Satgas) untuk mendeteksi pergerakan ternak baik melalui jalur darat maupun di pelabuhan penyeberangan.
 
Baca: Pedagang Sebut PMK Tak Pengaruhi Penjualan Hewan Kurban
 
"Perbatasan bagian selatan Sulbar yakni di Kabupaten Polman dan perbatasan Utara di Kabupaten Pasangkayu," tutur dia.
 
Begitu juga, di pelabuhan penyebarangan jalur masuk hewan dari dan akan dibawa ke pulau Kalimantan akan diperketat dan semua ternak akan diperiksa. Ia mengatakan berdasarkan laporan dari pihak TNI, Polri, Karantina Pertanian dan Badan Intelijen Daerah (Binda), saat ini Sulbar masih aman dari PMK.
 
Namun, tetap perlu dilakukan antisipasi dengan memaksimalkan tim satgas yang dibentuk, sehingga Sulbar tidak terinfeksi PMK. Ia menyampaikan selain langkah pencegahan melalui tim yang dibentuk, penting pula melakukan edukasi kepada masyarakat untuk mengenal ciri ciri PMK pada hewan kurban.
 
"Rapat kordinasi langkah antisipasi PMK di Sulbar ini akan dilaporkan ke Presiden melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," tuturnya.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif