Kapolresta Sidoarjo, Kombes Kusumo Wahyu Bintoro, dalam kegiatan Cangkrukan Kamtibmas jelang Pilkades di Sidoarjo, Rabu, 25 Mei 2022. (Dok: Humas Polresta Sidoarjo)
Kapolresta Sidoarjo, Kombes Kusumo Wahyu Bintoro, dalam kegiatan Cangkrukan Kamtibmas jelang Pilkades di Sidoarjo, Rabu, 25 Mei 2022. (Dok: Humas Polresta Sidoarjo)

Ribuan Personel TNI-Polri Amankan Pilkades Serentak di Sidoarjo

Amaluddin • 25 Mei 2022 17:50
Surabaya: Sebanyak 1.154 personel gabungan TNI-Polri akan diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 84 desa di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Tujuannya, agar Pilkades berjalan aman dan damai.
 
"Sampai saat ini hingga nanti pelaksanaan Pilkades serentak 19 Juni 2022, TNI-Polri siap mengamankan dan mewujudkan kondusifitas kamtibmas," kata Kapolresta Sidoarjo, Kombes Kusumo Wahyu Bintoro, dalam kegiatan Cangkrukan Kamtibmas jelang Pilkades di Sidoarjo, Rabu, 25 Mei 2022.
 
Wahyu mengatakan TNI-Polri mulai diturunkan ke desa-desa. Selain itu, untuk netralitas TNI-Polri yang tidak memihak golongan manapun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 312 Anggota Polres Batang Disiagakan Antisipasi Kerusuhan Pilkades
 
"Fokus kami adalah menjamin kelancaran dan keamanan Pilkades, begitu pula bila ada pihak lain atau masyarakat yang mengetahui terjadinya pelanggaran dalam Pilkades silahkan laporkan kepada kami agar dapat ditindak tegas," ujar dia.
 
Terkait netralitas TNI-Polri dalam mensukseskan Pilkades serentak di Kabupaten Sidoarjo, juga disampaikan Komandan Denpom Lanudal Juanda Letkol Laut (PM) Achmad Junaidi, pada acara cangkrukan kamtibmas di Balai Desa Pranti. Pihaknya siap bersama kesatuan TNI dan Polri, menjaga netralitas dalam Pilkades.
 
“Kami tidak memihak manapun, wilayah Sidoarjo harus aman dan kondusif,” ujarnya.
 
Sementara Danlanud Muljono Kolonel Pnb Moh Apon menyatakan kesiapan TNI dalam back-up penuh pengamanan Pilkades. Ia menegaskan kapan saja dan dalam jumlah berapa personel, siap mendukung pengamanan Pilkades.
 
"Mari laksanakan Pilkades ini sebagai ajang kontestasi yang sehat dan damai, jangan sampai ada pihak yang mengganggu keamanan dan kondusifitas wilayah kita. Karena TNI-Polri siap total mengamankan Pilkades," ujarnya.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif