Anggota Komisi III DPR F-PDIP Arteria Dahlan. Foto: Dok/Metro TV
Anggota Komisi III DPR F-PDIP Arteria Dahlan. Foto: Dok/Metro TV

Paguyuban Advokat Sunda Akan Laporkan Arteria Dahlan ke MKD DPR RI

Roni Kurniawan • 19 Januari 2022 23:20
Bandung: Paguyuban Advokat Sunda akan melaporkan angota DPR RI Arteria Dahlan ke Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI. Hal itu menyusul pernyataan kontroversial Arteria Dahlan yang meminta Jaksa Agung mengganti Kajati yang bicara bahasa Sunda.
 
Menurut Koordinator Paguyuban Advokat Sunda, Rizky Rizgantara, langkah konstitusional bakal ditempuh usai sejumlah advokat di Jabar sepakat Arteria dinilai telah melanggar kode etik sebagai wakil rakyat.
 
"Jadi kami akan menempuh upaya konstitusional dalam hal ini bisa membuat laporan ke Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI terkait dengan kode etik atau etik anggota legislator," kata Rizky saat dihubungi, Rabu, 19 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: DPW NasDem Aceh Buka Posko Pengaduan Kekerasan Seksual
 
Rizky menuturkan pernyataan Arteria memicu ujaran kebencian dan cenderung rasis karena telah mengucilkan suku Sunda. Terlebih bahasa daerah merupakan keanekaragaman yang ada di Indonesia.
 
"Dimana pun dan siapa pun berhak menggunakan bahasa daerah," jelasnya
 
Diakui Rizky berbahasa daerah itu bukan berarti tidak nasionalis. Tapi hal tersebut justru dinilai sebagai wujud aplikatif guna menjaga keberagaman dalam bingkai Bhineka tunggal Ika.
 
"Menjaga identitas budaya juga kan sebagai warisan budaya bangsa apa salahnya, apalagi yang paling krusial statment dia meminta supaya pejabat tersebut diganti. Seolah dengan menggunakan bahasa Sunda dalam kegiatan formal merupakan kesalahan, itu sangat melukai," ungkapnya.
 
Ia mengaku jalur hukum tersebut pun akan dilakukan pada pekan ini ke MKD DPR RI dengan harapan, politisi dari PDIP tersebut mendapatkan hukuman.
 
"Tentu supaya diproses diperiksa MKD kemudian kami berharap kami nilai sudah sepantasnya dijatuhi sanksi," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif