Ibadah haji. Istimewa.
Ibadah haji. Istimewa.

Kuota Haji Kota Malang Tahun Ini Hanya 508 Orang

Daviq Umar Al Faruq • 18 Mei 2022 11:44
Malang: Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan kuota calon jemaah haji (calhaj) di Kota Malang, Jawa Timur, tahun ini hanya sebanyak 508 orang. Jumlah tersebut berkurang hampir separuhnya dibandingkan dengan kuota calhaj sebelum pandemi covid-19.
 
"Iya, mereka sudah kami data dan daftar ulang," kata Kasie Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Malang, Amsiyono Qowiyyu Aziz, saat dikonfirmasi, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Baca: Menag ke Saudi, Pastikan Pelayanan Jemaah Haji Sudah Siap

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keberangkatan haji di tahun ini merupakan kloter calhaj yang batal berangkat pada 2020 lalu. Dari kloter itu, total ada 455 calhaj yang gagal berangkat tahun ini.
 
Pada 2020, ada 963 calhaj yang belum berangkat akibat pembatasan pandemi covid-19. Namu, tahun ini jumlah tersebut menyusut menjadi 508 calhaj saja.
 
Amsiyono menjelaskan, ada 140 calhaj yang memang tak bisa berangkat lantaran berusia di atas 65 tahun. Namun, ia mengaku jumlah 508 calhaj tersebut sewaktu-waktu bisa saja berubah, sebab, masih tersisa 315 CJH yang belum mendapatkan kepastian bisa berangkat atau tidak di tahun ini.
 
"Kepastiannya setelah tanggal 20 Mei. Saya minta mereka (calhaj) bisa tetap tenang dan mematuhi aturan yang ada," ungkapnya.
 
Sejauh ini, masih belum ada calhaj yang menyatakan untuk mengundurkan diri atau membatalkan keberangkatannya. Sementara itu, pendaftaran haji di Kantor Kemenag Kota Malang hingga saat ini masih terus berjalan.
 
"Masih terus jalan ya, setidaknya rata-rata 2 ribu orang mendaftar haji setiap tahunnya," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif